Modem GSM HSDPA Vodafone K3765

Beragamnya jenis modem yang ada di  pasaran saat ini memang agak membingungkan mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Hanya kebetulan saja, dalam beberapa hari ini saya sedang menjajal USB Modem merek Vodafone 360, untuk saya pakai sendiri. Meskipun di boxnya tertulis Vodafone 360, tetapi di body nya ternyata  tertulis model:  K3765. 

Selain berfungsi sebagai modem, bentuknya yang seperti flashdisk ini juga berfungsi sebagai  “Mass Storage Media” (media penyimpan data),  dengan menggunakan kartu memory berjenis micro SD.   Modem GSM ini mendukung kecepatan internet data downlink sampai dengan 7.2Mbps (3.75G/HSUPA).

System operasi  notebook yang saya gunakan adalah Windows 7 Profesional 64 bit. Ternyata sangat mudah, tidak sulit.

Ketika dikoneksikan ke port USB notebook, modem tersebut langsung dikenal sebagai Drive E (kebetulan harddisk saya dibagi 2 partisi, C dan D). Selanjutnya adalah tekan Next, next terus, kemudian pilih direktory yang diinginkan, lalu tekan Next. Biarkan proses instalasi berlangsung hingga selesai.

Langkah selanjutnya adalah Konfigurasi Internet.  Software yang digunakan adalah bawaan dari modem tersebut yaitu: Mobile Partner versi 11.302.09.01.539 (Huawei Technology) dan operator internet yang saya gunakan, kebetulan adalah 3 (Three),  setingannya adalah seperti di bawah ini:

Pada bagian Profile Management isikan:  Profile Name: 3Data, APN : Static, Access Number: *99#, Username: 3Data, Password: 3Data.  Dan ketika diaktifkan langsung terkoneksi.  Tidak ada masalah.


85 responses to “Modem GSM HSDPA Vodafone K3765

  • noorkuru

    Salam,

    Saya pingin tahu, jadi menurut anda modem ini bagus apa tidak, pasalnya saya mau beli juga.

    Thanks

  • abit

    klo mobile partner tdk bs?langkah apa yg kita lakukan?tolong d jwb,,,

  • harjo

    Tidak bisanya, seperti apa? System operasi yang digunakan apa? Apa modem tersebut tidak terdeteksi oleh system? Ataukah sudah terdeteksi tetapi tidak bisa install? Ataukah sudah bisa diinstall, kemudian selanjutnya tidak bisa diexekusi?

  • Asep

    Bos, bagai mana caranya untuk mengetahui isi pulsa….?
    aku coba simpati dan di call *888# kenapa ga bisa ?
    mohon keterangan.
    Terima Kasih.

  • Revi Meysiana

    saya punya modem yg sma dgan mas .. ^^ .. tpii init fail trkdng mncul shingga saya gak bisa mmbuka mobile partner saya,,jdi saya hrs uninstall. bbrp kli trjadi hal sperti ini,,,,apakah akan mmpengaruhi system jka sring mlakukn uninstall pda software ?

  • ayu

    kira-kira provider yang cocok untuk tipe modem Vodafone K3765 itu apa sja….soalnya kdang sinyalnya putus bang, dan aksesnya agak lambat

  • iwan

    Mas mau tanya nih, pertama kali beli modem ini lampu indikator modem normal kedap-kedip, tapi sekarang kalo dipakai lampunya nyala terus, apakah normal seperti itu ?
    thanx

  • skr

    Kira2 1minggu yang lalu saya beli modem jenis ini, pada awalnya bagus koneksi tidak masalah, tapi setelah beberapa hari pakai timbul masalah, ketika dicolok soft mobile partnernya tidak langsung jalan otomatis, jika dipaksa dijalankan dengan cara klik iconnya sinyalnya, sim card jadi tidak kedetek, kira2 tahu gak mas masalahnya.

    thank

  • za

    sy hny ingin tahu, apakah modem vodafone k3765 dapat digunakan untuk kartu GSM lainnya? atau hanya kartu flash.
    teman saya pernah pinjam modem dengan mencoba kartu miliknya yaitu kartu 3 dan im3, namun tidak bisa muncul jendela modem tersebut…
    terimakasih

  • eva

    modem vodavone saya baru 3 bulan sudah tidak bisa detect kartu SIM, bagaimana itu bro ?

  • harjo

    @Iwan, lampu kedip-kedip, bisa jadi, pulsanya sudah habis. Warning dari provider. Masih bisa dipakai, tetapi sekali waktu akan mati betulan.
    @Skr, coba aja instalasi ulang drivernya.
    @Za, sangat bisa.
    @Eva, Coba instalasi ulang aja.

  • Dindin Alrhasid

    modemnya g bisa mendetect simcard,, gmna biar bisa gan?

    • harjo

      Coba saja pasang SIM card tersebut di handphone, apakah terdeteksi juga? Jika tidak terdeteksi juga, tinggal hub saja providernya untuk diganti SIM cardnya dengan nomor yg sama.

      • buge

        kbetulan sim card sya menggunkan kartu 3 tpi trkdang jga pke xl
        sudah d coba d handphone normal sja, tpi low d cba d modem msih g k detect..
        klo bleh sya tau gan, ngebub providernya kmna?
        trima ksih sbelumnya

      • harjo

        Kalau kasus seperti itu, bawa aja modemnya di mana Anda beli, biasanya akan diganti baru, kalau memang masalahnya di modem.

  • sandi

    mas, aq pake modem ini juga. udah ganti 2 kali tapi masalhnya sama juga. yakni gak bisa detek kartu stlah beberapa sebulan q pake. gimana ya mas. apa mgkin produk vodafone yang satu ringkih..?
    terima kasih…

  • muklis

    modemnya bagus ug.. tapi yang jadi pertanyaan,,,, apakah modem ini bisa di idi segala kartu,, semisal 3, im3 , smart ???

  • M.Harmend Hary

    Mas…Mau Nanya Nec…Kok Modem Vodafone saya digunakan kartu perdana 3 dan Telkomsel Bisa tapi pas mau ganti kartu XL.. dibilangnya Simcard tidak terdeteksi…tapi klo digunakan modem lain kartu xlnya terbaca….mohon jawabannya cepat ya mas…

  • ichsan

    mas.. mau nanya kenapa modem saya tidak terbaca sinyalnnya klau pake XL tapi kalau pake telkomsel terbaca mohon solusinya

  • FeriShawol

    om modem vodefone bisa ga pake kartu esia?
    jwb…!!!

  • Putra

    mas mau tanya nii .
    modem’a sama kyak punya saya .
    cuma masalah’a ketika mode sinyal’a di HSPDA sinyal’a ada terdetect 1 batang , bahkan sampe 3 batang . cuman ketika di klik konect lampu’a berkedap kedip trus . yg keluar lampu hijau sama lampu biru terus” san .
    tpi dlu pas baru beli engga ada seperti ini .
    ni maslah’a apa mas ?
    terpaksa harus online lewat jaringan GSM yg Lambat. huh

  • rana majidah

    saya jg pny modem ky gni. tp saat ini, ada mslh yaitu lampu’a kedip2 trus wrna ijo. dn gk kebaca di laptop saya. biasa-a ttep kbaca wlaupun gk da krtu nya. .
    itu knp ya? tolong solusinya ya. . . .
    mksh sblm’a.. 🙂

    • harjo

      APakah sudah dicek, sisa pulsanya, atau … untuk koneksi internetnya apakah menggunakan paket bulanan atau bagaimana, apakah sudah habis?
      Biasanya untuk pemula, kasus-kasus seperti ini sering terjadi.
      Intinya, pastikan quota datanya masih tersedia.

  • rapika sari

    mas saya juga tidak bisa menggunakan mobile partner saya, setiap kali saya buka pasti init fail. bagaimana cara membperbaiki nya, dan bagaimana menginstal nya lagi. tolooooong aku

  • Tika

    Mw nax sya baru beli modem vodafone K3756 sya pake kartu Im3.udh mndftr paket sebulan lagi.gmn cara aktfinx y? Cos ga mw conect pdhl sdh d instal.profile managemnx apa y d isi klo pake kartu Im3.mhn bantuannya.

  • rana majidah

    REPLAY @mas harjo : saya pke pket unlimitied. n sya slalu pasang pket unlimitied stiap pngn internetan. .
    tp pas mau dipake ko lampu ijo’a kdap-kdip. .

    knp tuh? n bgaimana solusi’a?

  • gofur

    aDA rekomendasi Situs Download Mobile Partner for Windows7 64bit ga? Masalahnya ane pake Windows 7 Home Premium x64, tapi gak bs detect sbgai modem. Mohon bantuannya

  • M.Rizal

    Mas gue juga pake modem bgtu tapi skarang lagi troublle ni , modem sama sekali tak terdeteksi bahkan lampu pun tak nyala .
    Apakah modem gue bermasalah / rusak ?
    soal nya gua pake modem nya ga inget waktu mas .
    Mohon pencerahan nya .
    Thanx .

  • aden desta

    Mas , modem sama sekali tak terdeteksi bahkan lampu pun tak nyala .
    Apakah modem gue bermasalah / rusak ?
    udah d uninstall pas mw d install g terdeteksi…kasih solusinya mas…tapi modem nya jd panas
    Thanx .

    • harjo

      Kalau lampunya tidak nyala, kemungkinan memang modem tidak terdeteksi.
      Apalagi sudah dilakukan uninstall dan install lagi. Tetapi modem tersebut tidak terdeteksi, bisa jadi karena ada komponen di dalamnya yg bermasalah.
      Kembalikan saja modem tersebut ke tempat di mana Anda membeli.

  • YUYUN

    Saya punya modem K3765 warna putih. Saya udah install driver bawaan modemnya, tp koq ga bisa ya install di windows 7 64bit?
    Mohon pencerahannya..
    Trims

  • Aji

    Mas klo kartu ga ke detect, gmana caraanya ya supaya bisa ke detect?

  • ARJUNA

    huufftthh….. menyesal beli modem ini. Modem standart. tak bisa diapa2kan. TAK SUPPORT MDMA

  • AgOs

    gw bngung,,, sinyal HSDPA,, emang sich kadang berganti WCDMA,,,,sinyal full,,, topi koneksi nya sangat lambat,,,, gw pke pket blnan telkmsel flash 50,,,sblumnya lancaar abis….
    emang sih kta counter t4 gw bli kartu,, ktanya : qlo pket uda abis,,, kartu nya beli baru,,, jngan isi ulang,,, apa ngaruh ya ??
    agan2 ada yg sama kya gw gak ??
    solusi nya gmna ??

  • Ari

    Mas bro, modem vodafoneny udh terinstal, pengaturan profilny udh datur,tp siyalny ngk kedetek di layar, aq pakek windows 7 64 bit, tp klu dlaptop laen bs jln modemny, solusiny mas..

  • nugroho

    bro, kalo settingan buat kartu simpati apa ya user name dll nya?.
    mohon infonya mas bro..

  • berrysyawel

    Mas,modem saya vodafone k3765 warna putih,kalau sebelum online,sinyal ful,pas dionlinekan,sinyal drop,dan modemnya panas saat online,mohon petunjuknya mas.thx’s.

  • ǐlham S.p (@idilham_sp)

    saya coba instal di windows 7 64bit, tapi kok pas pengen buka mobile partner nya muncul tulisan init fail ya? kenapa ya mas? makasih bantuannya :), saya udah coba uninstal, trus saya coba di port usb yang berbeda, tapi tetep muncul init fail, kenapa ya?

  • WAKHID

    BANG MODEM SAYA KOK GK BISA KONEK KENAPA

  • andri

    bro saya mau tanya.. modem conect dan bisa browsing, tp kok indikator network yang kanan bawah itu tetap “you are currently not connected to any network” ???
    ini terjadi setelah update windows..
    btw saya pake windows vista home ori bawaan laptopnya..
    thanks..

  • berry syawel

    Mas,saya juga pakai moden vodafone K3765,saat belum konek sinyal full,dan setelah di connect signalnya drop,dan kalau di disconnect full kembali signalnya,apa masalahnya mas?

    Thx’s,
    Berry

  • bram

    mau tanya ada ym mas ?
    modem k3765 sy knp tdk bs menambah profile koneksi baru setiap add profile baru di mobile partner

  • cortical cataract

    Is the water supply easily ready and also not cramped for
    pouring water inside? Is truly the pot by very
    easy to slip into and additionally from the unit?
    Will the coffee basket get rid of easily?
    Are the parts which require only infrequent
    washing easy to go? . you may find around this particular the few of
    ways first you will find the possibility in order to
    dilute the espresso alongside drinking water otherwise next provided like me your find coffee
    simply a tiny bit too strong you are able to prepare it
    the Spanish method.

  • joe

    mas modem HUAWEI Vodafone K3765 HSDPA saya gak ada respon waktu dicolokin ke laptop…kenapa ya? gmn cara memperbaikinya?

    • harjo

      Kasus seperti ini, biasanya disebabkan oleh modemnya rusak, sehingga tidak terdeteksi oleh system. Saya sering mengalami hal ini pada beberapa user di tempat saya bekerja.
      Bawa aja ke vendornya untuk diperbaiki.

  • Nisa

    Asslm.,
    mas., kebetulan modem saya juga vodafone k3765 dan saya menggunakan kartu simpati.
    Wktu saya gunakan sinyalnya penuh. Trus wktu browsing internet melalui mozila kenapa tidak bisa, dan keluar connection was reset. Padahal kuota blm terpakai sama sekali.
    Mohon bantuannya.
    Trims.,

    • harjo

      Apakah sebelumnya sudah dilakukan settng, disesuaikan dengan provider yang digunakan? Sebab pesan seperti itu, sepertinya memang belum dilakukan. Atau kalau sudah dilakukan,kemungkinan terhapus atau tereset, sehingga perlu dilakukan seting ulang pada modemnya.

  • riziq

    masalah saya,, sama seperti yg diatas yaitu ”INIT FILE” -q udah coba uninstall tpi gak bisa yg muncul “NSIS EROR” .tlong slusinya

  • Linda Aulia

    mas modem saya vodafone k3765, tidak bisa mendeteksi kartu tri tapi kalo kartunya saya ganti dengan kartu im3 bisa terdeteksi

  • Cobah

    gan kenapa pas pake kartu im3 sinyal edge konek tapi pas wcdma gak konek error mulu?

  • PUTRI LAMPUNG

    KLO MODEM ZTE MF190 HANYA KEDETEK C ..SEHARUS PC ITU KIRA2 APANYA YA BROW ..MOHON PENCERAHANYA…KLO KARTU TELKOMSEL PC NYA ADA

  • riky

    modem saya jatuh bersama laptopnya, akibatnya modemnya bengkok, tapi masih bisa saya luruskan. tpi masalahnya modemnya jadi tida bisa connect padahal lampunya berkedip kedip.solusinya bagaimana ya?

  • olivia putri ayu N. (@nyonya_oliv)

    hmmm baca dari atas kebawah semua masalahnya hampir sama, sim tidak teerdeteksi, solusinya juga kurang akurat.

  • Melly Asmi

    mas mau nanya dong. modemku vodafone k3765 putih, baru beli akhir bulan april kemarin. tapi sekarang kalo dipake suka kedisconnect sendiri. dan device not found, sim hasnt been detected. itu kenapa ya? solusinya gimana? dan modemku yang lama itu flash. mobilelink, kalo dicolok lampunya nyala, tapi tidak terbaca oleh computer, itu bagaimana ya? mohon bantuannya ya mas, thanks.

  • sergio

    Mas saya mau tanya modem saya vodafone k3520 kok saya sejak kemarin tidak bisa terkoneksi ya? Padahal kartu XL saya terdeteksi tapi gambar sinyal yang biasa ada di kiri bawah mobile partner tidak ada, tapi jika di coba di handphone bisa di pakai internetnya kira2 ada apa ya mas dengan modem saya?
    Thank’s sebelumnya

  • puja

    berarti punya anda k3765 yg driver huawei alias mobile partner,saya jg pnya vodafone k3765z tapi dirivernya ZTE alias join air,modemnya cukup tangguh dan handal,bisa pake MDMA juga,tp sayangnya nggak support untuk loncat kodok…

  • Agus

    Kalo sy K3756 kedetec sama semua aplikasi mw mdma,mmd dan mobile partner. Tapi titik masalahnya kenapa speed downloadnya tdk bergerak alias 0 kb trus, kalo uploadx bergerak lumayan, padahal ada kuota dan pulsa, modem menyala biru tdk berkedip sinyal full bar WCDMA trus.. Mnta solusinya donk master… 🙂

  • muchtar

    bos modem saya konek dan baru 1 hari bisa browsing dan hari ke 2 nya tidak browsing mohon pencerahannya pak, trims

  • muchtar

    bos modem saya konek dan baru 1 hari bisa browsing dan hari ke 2 nya tidak bisa browsing, apakah permasalahannya pak? mohon pencerahannya pak, trims saya pakai modem vodafone k3765

  • reksa

    mas cara setting modem di kartu indosat gimana ? dri tadi gk bisa2
    thanks

Tinggalkan komentar