Ternyata sulit, menghentikan autodebet kartu kredit…

Saya berlangganan kartu kredit sejak tahun 2000-an, sengaja saya batasi limitnya hanya tiga jutaan. Tujuannya adalah untuk keperluan transaksi secara online, dan memang selama ini  hanya dipergunakan untuk keperluan itu saja.

Beberapa tahun yang lalu, saya sempat membeli beberapa domain untuk beberapa perusahaan yang menjadi client saya dan beberapa juga di antaranya dipergunakan untuk keperluan sendiri. Belajar bisnis, ceritanya mau jadi technopreneur. Kenyataannya tidak mudah, tidak seperti angin surga yang diceritakan oleh Jeff  Bezos yang membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Ada juga domain yang saya mau matikan, karena perusahaan tersebut sudah tutup, dan sudah tidak menjadi client saya lagi. Tentu saja tidak saya perpanjang lagi.

Masalahnya adalah, dalam dua tahun ini ternyata perusahaan tempat saya mendaftarkan domain, di godaddy.com melakukan autodebet melalui kartu kredit saya.  Artinya selama ini perusahaan tersebut melakukan penagihan melalui kartu kredit tersebut tanpa sepengetahuan saya.  Celakanya kebiasaan jelek saya, tidak suka melihat tagihan kartu kredit, karena memang tidak pernah transaksi off line. Untuk hal itulah, seharian tadi saya minta kepada otoritas bank untuk memblokir pembayaran tersebut.

Tetapi rupanya, hal itu tidak mudah dilakukan, karena menurut bank,  dia tidak punya otoritas untuk menghentikan transaksi. Artinya transaksi tidak bisa dicegah dan tetap berjalan. Meskipun kita sudah melaporkan hal tersebut. Dan mereka tetap tidak bisa melakukan hal tersebut.   Saya tidak tahu, apakah memang begitu aturannya?   Dan saya pun tidak bisa berbuat apa-apa, selain terus menerus mereka melakukan autodebet.

Kalau memang demikian, betapa bahayanya bertransaksi menggunakan kartukredit secara online? Akhirnya, saya tidak melakukan pembayaran atas tagihan kartu kredit tersebut, hingga 2 bulan, akibatnya seluruh tagihan terblokir termasuk perusahaan yang melakukan autodebet.

Apakah dengan cara itu, sehingga terhindar dari pembayaran autodebet? Dan baru berhenti ketika memang tidak ada dana yang perlu dibayarkan ke pihak mereka. Betapa lucunya cara bank, kalau memang seperti itu. Tidak punya kuasa untuk memblokir pembayaran meskipun itu atas permintaan nasabah.

Akhirnya, mau tidak mau saya harus menghubungi godaddy.com untuk menonaktifkan domain tersebut dan tidak lagi melakukan autodebet. Karena pihak Bank yang tidak bisa melakukannnya.

Rupanya, apa yang saya duga tahun 2000-an lalu terbukti. Dan ketika saya minta untuk mengganti kartu.  Rupanya pihak bank tidak bisa menjamin bahwa itu akan tetap terjadi.

Hmmm …

7 responses to “Ternyata sulit, menghentikan autodebet kartu kredit…

Tinggalkan Balasan

