Kaki yang bengkok dan terlipat ke atas, bisa disembuhkan!

Saat  terlahir, anak saya memiliki kelainan bentuk kaki,  kedua kakinya bengkok ke dalam, dan terlipat  ke atas. Saat ini sudah sembuh dan bisa berjalan normal.

Tulisan ini saya tujukan untuk calon Ibu yang akan memiliki anak. Dan pengalaman ini, nampaknya perlu saya tularkan kepada orang lain. Karena saya melihat ada banyak juga orang tua yang memiliki kasus yang sama dengan saya, tetapi mereka  membiarkan anaknya tetap dengan kondisi demikian, tanpa ada upaya  yang signifikan dari orang tuanya.

Untuk orang yang tidak mampu, mungkin bisa dimaklumi, tetapi  saya melihat seorang artis, yang notabene punya duit pun tetap tidak melakukan apa yang seharusnya dia lakukan. Mereka menganggapnya sebagai takdir, sebagaimana yang disampaikan di sebuah acara infotainment beberapa tahun lalu di televisi. Saat itu, istri saya hendak menghubungi sang artis tersebut, sayangnya tidak tahu kemana harus menghubungi.

Saya yakin, karena ketidaktahuan sang artis itulah yang menyebabkan dia bersikap seperti itu. Untuk alasan itulah, tulisan ini saya buat.

Ketika menuliskan ini, saya ijin lebih dulu kepada anak saya, yang saat ini sudah berusia 12 tahun, “Apakah boleh ditayangin foto-fotonya waktu kecil”, dan dia pun menyetujui.

Adriel, ketika berusia 1 tahun, berpose di Pantai Kuta, tahun 2001

Pengalaman saya, penyakit itu sangat bisa disembuhkan, bisa dikoreksi, asalkan jangan terlambat. Pada  kasus anak saya, setelah seminggu dilahirkan, saya langsung bawa ke dokter spesialis bedah tulang. Dan menurut dokter spesialis itu, kasus seperti ini sangat banyak, hanya saja pasien justru terlambat membawanya, sehingga tidak bisa dikoreksi lagi, kecuali dilakukan operasi bedah tulang. Dan jika sudah pada tahapan ini pun sulit sembuh, apalagi mengalami terlipat ke atas seperti yang dialami anak saya. Tidak bisa lagi dikoreksi.

Tetap semangat Backpacking …

Padahal sebelumnya, di  rumah sakit di mana anak saya dilahirkan pun bilang, bahwa kemungkinan sembuh ini kecil. Tetapi dengan tekad dan doa yang kuat, dan keyakinan saya, saya yakin anak saya sembuh.

Backpacking ke Curug Cilember tahun 2003

Dua minggu sekali, anak saya dibawa ke dokter spesialis yang saat itu alamatnya di Tebet, untuk dikoreksi, yang kemudian hasil koreksian itu digips. Tentu saja anak saya yang masih bayi itu, menangis sejadi-jadinya, karena memang dipaksa ke arah sesuai bentuk kaki yang seharusnya. Perlakuan ini, semula saya ragu juga, takutnya dokter itu salah, mengingat dia baru berumur 1 minggu.  Satu minggu!.

 

Perlakuan ini saya kerjakan hingga anak saya  berumur delapan bulan. Selesai di gips perlakukan selanjutnya adalah menggunakan sepatu khusus.

Dan saat  yang ditunggu itupun tiba, pada waktu itu saya masih ragu, apakah dia bisa berjalan normal? Layaknya anak-anak lain?  Mengingat perlakuan koreksi dan penggunaan sepatu tentu akan berpengaruh ke struktur tulang di atasnya. Nyatanya, ketika umur 1 tahun 3 bulan, apa yang saya cemaskan, ternyata anak saya bisa berjalan normal. Puji Tuhan.

Naik Delman dengan Kakek di Bogor

Penggunaan sepatu ini, tetap dilakukan hingga kelas 3 SD. Sepatu ini dibeli di YPAC (Yayasan Penderita Anak Cacat) di daerah Hang Leukir, Kabayoran.  Sepatu ini diganti setiap 3 bulan sekali, sesuai dengan pertumbuhan ukuran kaki.

Kampus ITB, Bandung 2004

Semoga tulisan ini bisa dibaca oleh orang yang sedang menghadapi permalahan seperti itu. Intinya, kelainan tersebut bisa dikoreksi,  jangan terlambat dalam penanganan, dan jangan salah dalam menangani, karena kesalahan menangani yang semula bisa dikoreksi, justru menjadi cacat yang tidak bisa disembuhkan lagi.

Apa yang saya lakukan tentu atas pertolongan Tuhan yang sudah memberi hikmat, bagaimana saya harus menyikapi derita yang dihadapi anak saya.

Foto-foto lain, menyusul, sedang di scan.

49 responses to “Kaki yang bengkok dan terlipat ke atas, bisa disembuhkan!

  • prih

    BerkatNya merahmati segala jerih payah kelg, pengharapan yang dibarengi dengan usaha keras. Trimakasih tuk kemurahan sharingnya akan jadi lantaran berkat bagi banyak orang. Salam

  • Ni Made Sri Andani

    Wah.. kebetulan saya tidak mengalami masalah yang sama pada anak saya. Namun tulisan ini tentunya sangat berguna sekali untuk membantu orang tua yang kebetulan mengalami maslah ini pada putra-putrinya. Sungguh ide yang sangat baik dan mulia untuk menuliskannya, Mas Harjo…

  • jost florindah

    Anak saya juga mengalami hal yg saya. Sy mohon bantuannya info dokter dan rs yg menangani.terima kasih

    • harjo

      Terakhir, di tahun 2000 dia menjadi dokter spesialis bedah tulang di RS Corollus Jatinegara, Jakarta, namanya dokter Ucok Siregar. ANaknya sekarang umur berapa Bu? Kalau ada hal yg perlu di tanyakan lebih lanjut bisa e-mail saya.

      • Winda

        Pa tulisan bpk sangat berguna untuk sy.ank sy mengalami hal yg sm seperti bpk.anak sy skrg usia 1 setengah tahun.sy ingin sering banyak terutama ttg dokter yg menangani ank bpk.sy harap bpk bisa membantu sy.

  • uci

    ..mas saya punya masalah yg sama anak saya sekarang udah kelas 4SD anak saya dlu dioprasi klas 1 SD disolo dan menggunakan sepatu bantu tapi selama 4bln sepatu yg digunakan anak saya justru membuat kaki nya luka.. dan saya lihat model sepatu anak mas berbeda dengan sepatu yg digunakan anak saya dl.. mas pesan dimana sepatu nya? ….terimakasi

  • Aprilia

    Bs ga minta alamat no Telp YPAC , kebetulan sdra saya mengalami hal yg sm dan anak tsb baru berumur 18 Bln dan masih lemas blm kaku

  • harjo

    YPAC Jakarta berdomisili di :

    Jl. Hang Lekiu III No.19 – Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telp. 021-7243123, 021- 7206427

  • yanyan

    Mas apakah bisa untuk anak 5 th,dan apakah saya harus datang ke Jakarta,kebetulan saya di Bandung, terimakasih atas seringnya

    • harjo

      Kalau sudah 5 thn, mungkin tidak bisa seperti yang saya lakukan. Karena bentuk kaki sudah terbentuk. Biasanya, kalau sudah pada tahapan ini yang memungkinkan adalah bedah ortopedi. Itu yang saya pernah dengar ketika melakukan konsultasi diawal saya melakukan pengobata. Tetapi untuk pastinya bisa hubungi dokternya langsung, dan tentu harus dibawa anaknya juga. Semoga membantu.

  • septy

    mas, nama kelainan ank mas itu clubfoot bukan? kmaren sabtu saya ke Dokter Ucok dengan membawa hasil rontgen kaki ank saya yang di bilang sama dokter kandungan nya “clubfoot” dan sblm dia lahir saya sudah hunting2 dokter ortopedi yang bagus salah satunya saya ke Dokter Ucok di Medistra, saya mau meyakin kan diri apa benar2 bisa kembali normal kaki nya?noleh minta email mas Harjo ngga?
    Trims

    • harjo

      Saya nggak diberi tahu nama penyakit kelainan itu Mbak.
      Yang jelas ciri-ciri kelainan itu seperti yang ditulis seperti di atas. Dan kalau memang kasusnya sama seperti itu. Pasti bisa sembuh,kembali normal. Anak saya sekarang sudah besar dan tidak ada masalah dianya. Email saya, harjo39@yahoo.com

    • guntur

      iya betul itu clubfoot. anak gw juga mengalami skrg umur 18bln. sdh operasi. dan masih harus kontrol tiap minggu ganti gips.
      di jakarta yg bagus di RS cipto salemba dan RSUD Tarakan cideng
      kebetulan anak gw di tangani di RSUD Tarakan
      jangan sedih insya allah normal

  • Mogietha

    Boleh saya tau Nama dokter Dan alamatnya. Sy punya anak yg punya masalah dikaki juga

  • septy

    mohon maaf klo saya berkomentar, sekarang dokter ucok praktek nya di medistra sama di rumah nya di pondok indah, anak saya juga kebetulan ditangani oleh beliau, orang nya ramah sama semua pasien,sabar, istilahnya klo mengenai tulang beliau ilmunya sudah ngelotok lah hehehe

  • Andi

    Selamat sudah bisa melakukan yang tidak biasa pak..

  • Wijayanti

    Anda orang yang luar biasa pak.. Salam..

  • Rara

    Trimakasih atas sharingnya Pak. sangat menggugah hati,karena sepertinya anak saya juga mengalami kondisi yg sama seperi anak bapak. jika berkenan, boleh saya minta alamat email bapak.

  • purnomo

    Saya berdomisili di bogor anak kedua saya juga mengalami hal yangsama, kami udah konsul ke otopedi Rs.Cikaret dan di gift pad umur 2 bulan. sekarang dipakaikan sepatu tetapi tidak nyaman bahanya keras dan talinya kurang praktis.makasih atas info alamat YPAC nya.

    • Winda

      Pa tulisan bpk sangat berguna untuk sy.ank sy mengalami hal yg sm seperti bpk.anak sy skrg usia 1 setengah tahun.sy ingin sering banyak terutama ttg dokter yg menangani ank bpk.sy harap bpk bisa membantu sy.

      Sy jg domisi d bogor.skrg anak bpk bgmn keadaannya?

    • Winda

      Skrg keadaan ank bpk bgmn?sy jg mengalami kasus yg sm ank sy jinjit kaki yg sebelah kiri.sy jg di bogor pa.mohon seringnya

      • harjo

        Anak saya sekarang sudah normal kembali, sekarang sudah duduk di kelas 3 SMA. Jika ada yg perlu ditanyakan seilahkan lewat email saja. Tks

  • tri

    Pak mau tanya setelah digips apa anak b
    apak menggunakan sepatu dennis brown apa pake sepatu yg difoto ya?anak saya ctev juga dan sudah di gips 8x sekarang umur 3bln dan menggunakan sepatu dennis brown tetapi tidak sering dikarnakan suka rewel saat digunakan.

    • septy

      Dear Pak Tri,
      perkenankan saya menjawab pertanyaan bapak, karena kebetulan anak saya juga kedua kaki nya mengalami ctev, memang untuk awal2 anak ctev akan risih untuk dipakein sepatu itu tetapi hrs dibiasakan pak, jangan di lepas, kami harus tega utk kebaikan mreka,mreka hanya risih tapi tidak kesakitan kok, itu pernyataan dari dokter ucok waktu saya bilang kasihan klo melihat anak saya nangis atau risih krn hrs dipakein sepatu, semakin sering dipakein semakin cepat penyembuhan nya, terima kasih

      • dewi

        mbak septy..
        mohon infonya juga yaa..
        karena saya baru hamil 5 bulan, dan berdasar hasil usg diindikasikan kaki kanan anak saya club foot.
        apa saya bisa minta no hp/email mbak septy agar bisa diskusi lebih lanjut?
        terima kasih

  • holand

    anak saya mengalami hal seperti itu, sekarang gips nya sudah di lepas setelah 27x, untuk menghindari kakinya kembali seperti semula saya minta dibuatkan resep sepatu sama dokter ucok. Tq

  • Nazira

    Keponakan saya juga mengalami seperti itu saya mau tanya sama mas kau 10 hari setelah lahiran masih bisa gx dioabti?

    • nazirazia

      Mas mau tanya soal penyakit ortopedi itu. Keponakan saya masih berumur 10 dia mengalami kaki bengkok kedalam apa masih bisa diobati? Dan kalau boleh tau untuk mendapatkan sepatu nya itu dmna ya? Saya tinggal dimedan mas?

      Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

  • harjo

    Silahkan Bapak hubungi kantor YPAC saja ya pak, disana ada orang spesialis yang membuatkan untuk keperluan tersebut.

    • Siti fatimah

      Assalamualaikum… mas,, kalo kaki pengkor atau bengkok,,, bagusnya d bawa k dr spesialis orthopedi apa bedah tulang y???
      Di daerah saya adanya dr bedah tulang… kalo orthopedi jauh,, harus ke luar kota… kasihan bayi saya masih 12 hari….
      Kira2 dr bedah tulang bisa nge gips gak y?
      Kaki anak saya bengkok sebelah kanan.. di telapak kakinya bengkok k dalem… tolong infonya y mas..

  • harjo

    Dokter yang nangani anak saya juga spesialis bedah tulang, jadi nggak masalah.

  • mufid

    Trimakasih telah membagikan pengalaman apa yg terjadi pada anak bpk puji tuhan anak bpk bisa berjln pada umumnya anak saya mengalami kaki sblh kann bengkok ke dlm sedikit hbs di pasang gips dan skrg lagu cari sepatunya untuk mempertahankan posisi kakinya

  • dhesty putry

    Pak ank pertama saya juga mengalami hal sprti ank bpk anak saya skrng usia 5bulan blum ada penanganan krna disamarinda itu dr.tulang sdkit dan itupun antrinya sangat lama karna umum
    Pak apa bpk tau usia 5bulan itu msih bsa d smbuhkan apa tdk ya soalnya bukan d kaki bengkok aja tapi lutut juga… karna saat lahir kaki kanannya tuh melipat ke samping trs ke atas gtu …
    Apa msh bsa d smbhkan kah
    Dan minimal umur brp ank sprti itu susah d smbuhkan

    • septy.norika@yahoo.com

      saran saya coba bawa ke dokter ucok mumpung blm terambat, kebetulan suami saya org samarinda tinggal di jalan pemuda,di Samarinda dokter tulang memang sangat minim beda dengan jakarta, kalau dokter ucok ini dokter tulang khusus anak dan balita tapi bisa juga menangani manula atau dewasa, tetap semangat jangan putus asa mba

  • Lan Kuu

    Selamat sore pak, bapak py akun facebook ?? Bisa kita sharing mengenai kondisi kaki bayi yg bengkok ?? Soalnya kasus bayi saya juga sama, dan umur bayi perempuan saya 9hari. Thx

    Nama akun facebook saya: Lan Kuu

Tinggalkan Balasan

