Tentangku

Situs web (blog)  dibuat dan dikelola oleh Harjo dan Mala,  dua orang naturalist, merupakan tempat alternatif kami menulis, tentang kegiatan hobby kami, backpacking.  Serta unek-unek kami terkait dengan isu-isu lingkungan, keanekaragaman hayati serta serta sesekali tentang evolusi. Sedangkan tulisan bertema teknologi informasi hanyalah iseng aja. Walaupun iseng, anehnya justru pengunjung blog ini justru lebih didominasi pencarian informasi terkait masalah tersebut. Jadi, perlu juga sesekali menulis itu sekedar ngeramein pengunjung aja. 🙂

Backpacking

Apa yang saya tulis, tentang backpacking  sebetulnya tidaklah terlalu berguna buat kami, apalagi untuk orang lain. Paling tidak untuk saat ini, tetapi catatan perjalanan ini mungkin akan berguna untuk kami, nanti,  mungkin 20 tahun lagi, atau 50 tahun lagi, sebagai sebuah kenangan. Apa yang ditulis hari ini tentu akan menjadi kenangan di kemudian hari yang bisa saya lihat-lihat lagi.  Itu pun kalau Tuhan masih berkenan memperpanjang umur. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi hari esok.

Tapi, dengan bertambahnya usia, sepertinya bukan jamannya lagi deh harus bawa-bawa tas gendong. Malu sama perut yang sudah membuncit 🙂   Saat ini sedang memikirkan untuk membawa tas yang ada roda dibawahnya. Kalau ada yang lebih meringankan, ngapain bikin susah, cape! Ingat, blog ini kan dibuat sejak kami masih muda, dan sekarang sudah tdak lagi muda 🙂

Rencananya tahun depan, semoga bisa ke Thailand, Malaysia, Singapore, Australia, China, Belanda, Belgia, Luxemburg,  German, Swiss, ParisMacau, Hongkong, Jepang, Israel, Turki, Mesir, Italia, Salzburg, Inggris, Spanyol, Peru, Canada, Amerika Serikat.

Dongeng Evolusi

Kami adalah lulusan dari Biologi, punya minat yang  sama, selain penikmat keindahan alam juga pemerhati  Teori Evolusi. Menarik, jika kita perhatikan bagaimana teori itu bisa mengelabui orang dengan cerita-cerita khayalan di dalamnya. Tidak mengherankan, karena teori ini memang dipelajari di bangku kuliah yang diembeded ke dalam pelajaran Biologi. Ujung dari teori evolusi, sebetulnya adalah atheis atau agnostik. Sehingga saya merasa perlu untuk menuliskan tema-tema ini sebagai penyeimbang dari rimba raya informasi yang disampaikan oleh para atheis maupun agnostik.

Hobby saya yang tukang jalan dan menikmati keindahan alam, sebetulnya sama dengan Tuan Darwin yang juga memiliki hobby “jalan”. Berbeda dengan Tuan Darwin, ketika dia melakukan perjalanan. Buat saya, kesempatan melakukan perjalanan adalah melihat keanekaragaman makhluk hidup. Keindahan dunia di berbagai tempat  adalah kesempatan untuk menikmati hasil ciptaan Ilahi,  bukan merupakan produk evolusi.  Teori Evolusi adalah bidang kajian yang menjadi minat saya saat ini. Saya tertarik untuk menularkan pemikiran-pemikiran kami terkait kajian ini.  Entah,  sudah berapa banyak orang-orang yang disesatkan karena bukunya Darwin itu. Bahkan salah seorang pengikut Darwin yang namanya Richard Dawkin kini sudah menjadi pembela mati-matian teori tersebut, Bahkan buku-bukunya kini menjadi bahan ajar mata pelajaran Atheis di banyak sekolah Dasar di Eropa.

Kami, pernah bekerja di Pelayaran (Shipping Lines).  Walaupun bekerja di perusahaan pelayaran, tetapi belum pernah sekalipun ikut berlayar 🙂  Padahal  ingin juga sesekali ikut berlayar, seperti Tuan Darwin, sehingga ada kesempatan mengkhayal. Dan hasil khayalannya itu dia tulis  di atas kapal dalam sebuah buku, Catatan Perjalanan HMS Beagle.  Mungkin pengalaman saya,  akan diberi judul, “Catatan Perjalanan TMS”.  Beti … beda-beda tipis  🙂 Kesempatannya jalan-jalan ke bagian “dunia lain”,  melihat keanekaragaman jenis makhluk hidup, dan kelamaan di atas kapal itu, yang memunculkan ide untuk menulis buku   The Origin of Species, sebagai sebuah khayalan.

Ingin juga sih, mau menulis The Origin of Species, versi saya  🙂  sementara ini catatan-catatan evolusi saya kumpulkan dulu di sini, http://kompasiana.com/harjo. Nanti kalau sudah cukup banyak, akan saya bukukan. Itu pun kalau ada yang mau menerbitkan, saya tunggu saja undangan dari penerbit  🙂

Dulu, ketika baru lulus kuliah Sarjana, pernah  bekerja sebentar di Museum Zoologi, Pusat Penelitian Biologi,  LIPI, Bogor.

Ulang tahun saya ternyata beda tipis dengan Tuan Darwin, dia terlahir tanggal 12 Febuari, saya 10 Febuari. Bintangnya sama, tetapi beda dalam bidang yang satu ini …  dia menyesatkan melalui teori evolusinya,  saya meluruskan  supaya nggak terlalu banyak disesatkan. Minimal menjadi penyeimbang di antara rimba raya informasi di dunia internet oleh tulisan-tulisannya para evolusionis.  Richard Dawkins, adalah salah seorang pengagum Darwin, berangkat dari pemikiran Darwin lah, sehingga dia menjadi seorang Atheis. Dan melalui Yayasannya sekarang dia hendak berusaha menularkan keateisannya melalui informasi di website tersebut.

Saat ini organisasi  organisasi keatheisan sudah mulai bermunculan baik di Indonesia maupun tingkat ASEAN yang didirikan oleh orang yang biasa berdiskusi masalah evolusi dengan saya. Menjadi atheis, atau beragama apapun adalah hak setiap orang, itu harus dihargai dan dihormati. Namun demikian, jika menjadi atheis itu karena alasan teori evolusi, adalah hal yang perlu diluruskan. Mari kita berdebat mengenai hal itu.

Jakarta, 2 Agustus 2012 (updated, 4 Nopember 2013, 12 Nopember 2015, 24 Mei 2016, 18 Desember 2016).

Foto profil diambil di atas kapal Cruiser 2000, Phi Phis Island, 5 April 2009


77 responses to “Tentangku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: