Ada “bonus” virus dari Majalah Komputer

Sudah lama sebetulnya beredar isu, bahwa ada CD dari sebuah majalah computer yang sering mengandung virus pada CD yang dia sertakan. Bahkan bukan pada CD nya saja tetapi juga pada salah satu website dari group dari perusahaan tersebut, disinyalir ikut menyebarkan virus. Dibuktikan kata sebuah postingan di sebuah blog, kalau sudah berkunjung situs tersebut, dan sesudahnya discan dengan antivirus lain, ternyata kedapatan virus di PC nya.

Saya sendiri pernah mencoba untuk membuktikan kebenaran berita tersebut, setahun yang lalu, khususnya pada antivirus buatannya. Dan memang, antivirus tersebut ketika discan menggunakan antivirus yang lain, selalu dianggap sebagai virus. Memang aneh. Koq antivirus dianggap sebagai virus. Sehingga saat itu, saya memang tidak lagi menggunakannya untuk keperluan men-scan PC-PC yang saya maintenance. Dan saya juga tidak lagi memperpanjang berlangganan majalah tersebut sejak saat itu. Dan saya juga tidak ingin menjatuhkan reputasi dari majalah tersebut. Dengan tidak ikut-ikutan menulis apapun diblog ini. Biarkan itu menjadi catatan saya sendiri. Dan saya berharap bahwa apa yang saya lakukan sebelumnya mungkin saja keliru.

Sesudah satu tahun tidak berlangganan, dan saya kembali berlangganan majalah tersebut. Yah, untuk pembelajaran buat staf saya di Departemen IT termasuk juga pencerahan buat saya tentunya. Dan tak lupa juga menjajal antivirus yang disertai majalah tersebut. Terlebih saya memang sedang menghadapi beberapa permasalahan dengan virus di kantor.

Tetapi rupanya, majalah tersebut masih saja memberikan “bonus” virus / trojan / spyware di CD yang menyertai majalah tersebut. Sehingga dengan berat hati saya harus menulis ini.

Ketika saya cek dengan menggunakan Norton Antivirus 2009, ternyata di CD tersebut (edisi 06 2009) terdeteksi: Spyware e.RemPSteal, yaitu pada direktory:

e:\tool-kit\magazine\fresh softwares full version\chromespass 1.05\chromespass 1.05.zip
dan Trojan Horse pada direktory:
e:\patch&update\auto patcher\windows xp sp3\apup_bin\uz.exe
Seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini:

virus

 

Atas kasus ini, saya benar-benar menjadi curiga, jangan-jangan memang benar seperti yang dikatakan isu yang ditulis pada beberapa blog lain, bahwa virus-virus yang beredar di Indonesia ini justru berasal dari majalah tersebut? Atau paling tidak terkait dengan kepentingan majalah tersebut?

Harapan saya semoga saja tidak, dan jika memang benar, saya berharap, hentikan cara-cara tersebut yang hanya demi mengeruk keuntungan sesaat dengan merugikan orang lain, sekaligus menjatuhkan reputasi majalah tersebut.


One response to “Ada “bonus” virus dari Majalah Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: