Pindah ke Rumah Sakit Khusus Infeksi

Sudah 2 malam anak saya pindah ke rumah sakit khusus infeksi. Tidak ada peralatan canggih, yang membedakannya hanya ada ruang isolasi yang jumlahnya lumayan banyak, dengan pengawasan yang agak ketat. Rumah sakit ini memang dikhususkan oleh pemerintah untuk antisipasi menghadapi meledaknya penyakit difteri, setelah sebelumnya flu burung. Penyakit yang seharusnya sudah hilang dari Indonesia, entah kenapa sekarang muncul lagi di beberapa daerah dan sekarang “menimpa” anak saya.

Sebetulnya, di RS sebelumnya yang disebut ruang isolasi itu adalah kamar mandi, dan selama 3 hari tidak ada tindakan apa apa dari RS tersebut, luar biasa 🙂

Nih fotonya,

IMG_20180213_231923

Ruang Dekontaminasi (katanya)

Sebetulnya sejak kemarin lapisan putih keabuan di tenggorokan anak saya sudah hilang. Dan sampai anak saya dipindah, saya tidak berkesempatan sama sekali dengan dokter yang menangani anak saya tersebut untuk berdiskusi.

Saya tetap berpendirian bahwa suspect diftery menurut saya keliru. Sekarang sudah terlanjur, ketimbang kelamaan di rumah sakit sebelumnya yang tidak dilayani. Di sini lebih baik, walaupun  seperti dipenjara, tetapi sangat bersih, sepi, suster pun baik baik. Saya harus mengikuti prosedural standar dalam menangani penyakit menular ini, harus menginap sampai 10 hari ke depan.

Masalah lain yang muncul sekarang, disekujur tubuhnya muncul bintik kemerahan sejak kemarin sore. Menurut dokternya, ada 3 kemungkinan: alergi obat, karena AC yang terlalu dingin, atau campak. Bisa jadi ini campak, dan baru keluar sekarang artinya dugaan sebelumnya adalah diftery, benar benar keliru. Yang kebetulan baru hari ini muncul bintik merahnya. Gatal, suhu tubuh panas sepertinya memang iya, campak.

Dokter pun nampak bingung, saya berkesimpulan ini karena campak, tetapi dokter menduga karena alergi penicillin, sehingga untuk sementara pemakaian penicillin dihentikan. Cek darah kembali dilakukan.

Sampai saat ini saya masih mengikuti prosedural dan melalui BPJS.

TTD


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s