Perjalanan Menuju Zurich, Swiss

Zurich, 28 April 2015 (Late post)

Perjalanan selanjutnya adalah menuju Zurich, Swiss. Untuk menuju sana saya sudah pesan tiket secara online. Jika sebelumnya saya sangat suka dengan Megabus, tetapi karena bis ini tidak ada yang menuju Zurich, saya gunakan Meinfern Bus.

IMG_20150428_205106

Saya lupa, berapa tiket dari Frankfurt ke Zurich, nanti akan saya update jika sudah ingat. Seperti biasa saya duduk di atas, paling depan untuk melihat pemandangan sepanjang perjalanan.

Jumlah penumpang, tidak begitu banyak, bisa dhitung dengan jari. Setiap station, bis ini berhenti untuk menaikan dan menurunkan penumpang. Mengapa saya lebih memilih bis ketimbang kereta? Sebab dalam hitung-hitungan saya, lebih murah naik bis, walaupun mungkin lebih lama. Tetapi tidak masalah, karena saya justru  lebih bisa menikmati perjalanan. Jalanannya lurus, tidak ada lubang. Mungkin hal ini yang menyebabkan sekarang ada bis antar negara di Eropa yang tidak ada pengemudinya?

Di perbatasan Swiss, bis yang saya tumpangi, berhenti untuk dilakukan pemeriksaan seluruh penumpang. Baru kali ini pemeriksaan agak sedikit ketat dan lama, sebab sebelumnya ketika masuk ke Jerman,  tidak diperiksa. Rupanya ada salah seorang penumpang keturunan India, yang sepertinya bermasalah dengan pasportnya. Tetapi penumpang tersebut nampak marah juga karena tidak diijinkan. Entah bagaimana ceritanya, sebab saya nggak mengerti bahasa Jerman, sang penumpang ini akhirnya tetap dapat melanjutkan perjalanan.

IMG_20150428_205621

Akhirnya, sampai juga di Zurich, Swiss

Nggak kerasa, karena perjalanan yang nyaman, akhirnya sampai juga di Kota Zurich, Swiss. Puji Tuhan, nggak lama lagi saya akan melihat salju.

Istiharat sebentar sambil mencari-cari toilet. Rupanya toilet di sini bayarnya cukup mahal, walaupun pakai koin.Namanya, Mc. Clean.

IMG_20150428_215203

Sebetulnya biasanya ada juga toilet yang nggak menggunakan koin, cuma sedikit berbau, dan saya tidak berhasil nemuin.  Setelah itu saya menitip tas ransel, di loker station kereta. Untuk selanjutnya saya sempatkan keliling kota Zurich menggunakan kereta. Berbeda dengan kereta di Jakarta, yang melewati belakang rumah rumah penduduk. Kereta di sini menyatu dengan jalan raya beraspal.

IMG_20150428_225053

 

IMG_20150428_231539

Keliling Zurich menggunakan kereta

Saya keliling Zurich dengan menggunakan kereta ini, tempatnya nyaman, dan penumpangnya hanya berdua  🙂  Hanya keliling mengikuti kereta ini aja. Jika ada yang menarik, pasti saya akan turun. Jika nggak ya duduk saja terus, sampai kembali lagi ke station tadi saya naik.

IMG_2730

 

IMG_2747

Station Kereta Zurich, Swiss

Nggak mau terlalu berlama-lama di Zurich, perjalanan saya lanjutkan ke Lucerne.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

