Jatake

gandaria

Kemarin, pas nguliner di sekitar jalan Surya Kencana Bogor, ada abang-abang yang lewat dengan pikulan berisi buah kecil-kecil seperti pada gambar di atas.

Buah itu memang jarang ada yang jual di Jakarta. Mungkin rasanya yang sangat asem apalagi seukuran kecil-kecil begitu. Pastinya banyak orang yang kurang suka. Tapi bukan berarti tidak ada, minimal istri saya. Istri saya paling suka buah itu untuk dibuat menjadi sambel.

Hari itu juga, saya upload gambar itu di facebook, iseng-iseng tanya ke temen-temen, apakah ada yang mengenal buah tersebut? Tanpa diduga, ternyata dari 10 yang merespon, yang menjawab dengan betul hanya 3 orang saja hehehe … mungkin fotonya yang kurang bagus, sehingga kurang jelas? atau memang sama sekali tidak dikenal? Padahal buah itu adalah buah dari identitas flora Jawa Barat. Namanya: Jatake atau nama lain, Gandaria. Tanaman yang memiliki nama latin Bouea macrophylla ini termasuk ke dalam family Anacardiaceae. Seharusnya memang dikenal, minimal oleh penduduk Jawa Barat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: