Beginilah Cara Mengurus Visa Belanda

Walaupun gagal membuat visa Belanda, saya akan tetap jelaskan bagaimana mengurus visa Belanda ini. Semoga dari pengalaman ini bisa menjadi pelajaran bagi Anda yang akan berencana ke Negeri Kincir Angin itu. Ingat, 3 bulan sebelum anda berangkat, anda harus bikin janji pertemuan lebih dulu. Walaupun pihak kedutaannya sendiri menyarankan 2 minggu sebelum berangkat. Kenyataan dalam jangja waktu tersebut sudah dipenuhi oleh orang-orang yang juga ingin membuat janji yang sama. Artinya lebih banyak orang yang ingin membuat aplikasi visa Belanda ketimbang slot waktu yang tersedia.

Visa Schengen
Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui dulu apa yang dimaksud dengan Visa Belanda dan apa pula Visa Schengen? Sebetulnya, bukan disebut Visa Belanda tetapi Visa Schengen tujuan Belanda. Jadi tidak ada istilah visa Belanda. Seluruh visa untuk memasuki Negara Negara di Eropa disebut dengan Visa Schengen.
Visa Schengen ini berlaku di 26 negara Eropa, yaitu: Belgia, Denmark, Jerman, Finlandia, Peranci, Yunani, Italia, Luxemburg, Austria, Portugal, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Islandia, Malta, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Slovenia, Slowakia, Ceko, Swiss, dan Liechtenstein (per 19 Desember 2011). Jadi, dengan Visa Schengen kita bisa bebas keluar masuk di 26 negara Eropa tersebut.
Harap dicatat, dari daftar tersebut tidak ada Negara Inggris. Ya, karena khusus Inggris tidak menjadi bagian dari Schengen. Anda harus mengajukan Visa terpisah. Pastikan Anda tidak nyelonong kesana, kalau tidak mau diusir.
Khusus di Kedutaan Besar Belanda, selain anda bisa mengajukan Visa tujuan Belanda, juga bisa mengajukan tujuan Belgia dan Luxemburg.

Prosedur Mengajukan Visa
Pengambilan Formulir
Dimanakah kita bisa memperoleh formulir? Ada dua cara, yaitu cara susah dan cara gampang. Cara susah adalah Anda mengambil sendiri di Kedubes Belanda atau Konsulat Belanda. Formulirnya gratis. Kalau di Jakarta, di Jl. HR Rasuna Said Kav S-3Kuningan – Jakarta Selatan atau konsulat Belanda di beberapa kota di Indonesia, seperti: Bali, Jl. Raya Kuta 127, Kuta, Denpasar 80001 Bali, Telp. +62-361-761502; Fax: +62-361-754897; Medan, Jl. Cakrawati No. 12 Desa Aur, Medan Maimun, Medan – 20151, Telp: +62-61-4146306 / 4557078; Fax: +62-61-4536130; Surabaya, Jl. Imam Bonjol 36, Surabaya 60264, Telp: +62-31-566-2409; Fax: +62-31-566-2414; dan sebenarnya ada juga di Bandung, hanya saja sudah lama terlihat tutup.
Walaupun Anda mendatangi langsung tempat-tempat tersebut di atas, tetap saja tidak diijinkan masuk, apalagi melobby agar Anda bisa masuk ke Negara-negara Schengen. Bukan orang kedutaan yang memberikan formulir tersebut, tetapi satpamnya yang akan memberikan formulir tersebut di pintu masuk.
Jadi, buat apa cape-cape dengan cara susah ke sana.
Cara mudah adalah dengan mendownload langsung di link berikut ini:
http://www.minbuza.nl/en/appendices/services/consular-services/visa/visas-for-the-netherlands-schengen-visas/applying-for-a-schengen-visa/visa-application-form-schengen-2011.html

Jenis Visa
Pada waktu mengisi formulir, nantinya akan ditanya jenis visa apa yang akan anda inginkan.
Ada beberapa jenis Visa, di antaranya:
• Visa Kunjungan
• Visa Turis

Visa Kunjungan
Yaitu jika Anda berkunjung ke Belanda berdasarkan undangan. Undangan ini bisa berasal dari teman, saudara, keluarga, dsb. Untuk memproses ini, caranya adalah: anda meminta pihak pengundang untuk membeli formulir undangan di kantor walikota (Gemeente) di mana pengundang tinggal. Harga satu formulir ini adalah € 14. Kemudian formulir tersebut diisi dengan: Nama yang akan diundang termasuk alamat, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan email.
Selanjutnya meminta pihak pengundang untuk membuatkan surat undangan yang berisi: undangan untuk Anda, dan menyebutkan hubungan pengundang dengan anda, sebutkan yang akan mendanai kunjungan anda. Jika anda sendiri yang mendanai, siapkan saja bukti rekening 3 bulan terakhir. Sebaliknya, jika pengundang yang akan membiayai (sebagai sponsor), maka pihak pengundang yang akan menyiapkan bukti rekening 3 bulan terakhir.
Selanjutnya, sipengundang agar mengirimkan email yang ditujukan kepada orang yang diundang dan di tembuskan (cc) ke email jak-visa@minbuza.nl, yang berisi: Surat Undangan, Formulir undangan dari Gemeente, Foto kopi paspor, Foto copy KTP (untuk penduduk asli Belanda) atau foto copy ijin di Belanda (jika bukan penduduk asli Belanda).

Visa Turis
Yaitu jika Anda berkunjung ke Belanda tetapi tidak memiliki undangan atau sponsor. Dengan demikian anda harus menyiapkan bukti reservasi hotel selama anda mengunjungi Negara-negara Eropa. Jika Anda berada di Eropa selama 14 hari, maka pihak kedutaan akan memeriksa reservasi penginapan tersebut selama 14 hari. Jika kurang dari itu, dipastikan Anda akan balik lagi. Mungkin saja Anda beralasan akan tidur di kereta malam (night train), atau tidur di stasiun kereta atau di bandara, masa sih harus pesan penginapan juga?. Alasan seperti dipastikan akan ditolak oleh mereka. Mereka akan mencocokan jumlah hari anda berada di Eropa dengan jumlah hari Anda menginap di hotel. Anda tidak perlu ngeyel, karena mereka lah yang saat ini berkuasa penuh atas nasib anda di terima atau ditolaknya visa Anda.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN
Berikut ini daftar dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan visa tujuan Belanda:
1. Mengisi secara lengkap formulir pengajuan visa yang sudah ditandatangani.

2. Membeli asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan ini berlaku dari sejak awal perjalanan dari Indonesia hingga wilayah Schengen dengan nilai pertanggungan €30.000,- termasuk pengobatan dan biaya repatriasi. Besarnya biaya asuransi tergantung dari lamanya tinggal di Negara-negara Eropa tersebut. Selengkapnya cara memilih asuransi perjalanan yang diakui Negara-negara Schengen akan disampaikan pada tulisan terpisah.

3. Melampirkan bukti keuangan
Bukti keuangan dapat disampaikan dalam bentuk foto copy dari rekening bank atau buku bank 3 bulan terakhir dan atau slip gaji 3 bulan terakhir beserta surat keterangan bekerja.

4. Melampirkan Reservasi Pesawat pulang pergi.

5. Melampirkan Reservasi Penginapan.
Jika semua persyaratan sudah lengkap, anda tinggal mengontak Kedubes Belanda untuk membuat perjanjian pertemuan untuk menyerahkan berkas visa.
Tanggal pertemuan bisa dipilih dengan mengklik link http://jakarta.embassytools.com
Menurut situs kedubes Belanda disebutkan bahwa waktu perjanjian bisa dimulai sejak 3 bulan sampai 2 minggu sebelum berangkat. Untuk yang 2 minggu ini, jangan percaya, sebab biasanya sudah penuh. Paling nggak ya 2 bulanan lah, tidak terlalu mepet juga tidak terlalu lama.
Lebih baik buat janji lebih dulu, meskipun Anda belum mempersiapkan segala sesuatunya.
Jika sudah memperoleh perjanjian untuk bertemu, silahkan datang sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan tersebut ke Kedubes Belanda dengan membawa:
Pertama. Membawa paspor asli dan fotocopynya yang masih berlaku paling ngga 3 bulan sejak keluar dari Belanda atau wilayah Schengen. Juga tersedia halaman kosong visa, untuk nantinya ditempelkan stiker visa.
Kedua. Pas foto berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm dengan latarbelakang warna putih. Foto ini ditempelkan pada formulir di tempat yang sudah tersedia.
Ketiga. Mengisi formulir aplikasi visa Schengen yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani sebanyak dua kali. Ada dua kolom tandatangan yang harus diisi.
Keempat. Membuat itinerary secara lengkap. Dalam pengisian ini harus jelas kemana saja Anda akan berkunjung. Dan pastikan jumlah hari di Belanda harus melebihi dari Negara lain. Jika tidak, anda akan disuruh balik. Karena aturannya, visa schengen diperoleh dari Negara yang paling lama di datangi atau kalau jumlah harinya sama dengan Negara lain, maka yang Negara yang dimasuki pertama kali itulah anda harus mengajukan visanya.
Kelima. Menunjukan asuransi perjalanan asli dan fotocopynya, dengan nilai pertanggungan minimal sebesar €30.000 termasuk pengobatan dan biaya repatriasi.
Keenam. Bukti keuangan 3 bulan terakhir. Besaran saldo di bank, dihitung berdasarkan lamanya Anda tinggal dikalikan € 35/hari. Pastikan juga tidak secara tiba-tiba uang masuk di rekening Anda. Perhatikan juga saldo 3 bulan menjelang pengajuan visa anda, sebab dari sana akan terlihat gaji anda setiap bulannya.
Ketujuh. Reservasi tiket pesawat. Untuk masalah ini, sebetulnya agak sedikit gambling. Gamblingnya, jika kita sudah membeli tiket, tetapi jika kemudian visanya ditolak? Berdasarkan pengalaman saya, selama keinginan mereka terpenuhi seharusnya tidak ada masalah, jika kita langsung beli, apalagi sedang ada tiket promo. Kenapa harus menolak, sementara mereka juga butuh turis yang mendatangkan devisa bagi negaranya. Apalagi turis Indonesia yang terkenal hobi belanja.
Solusi lain, anda bisa membeli tiket di travel agen. Mereka bisa membooking lebih dulu, tanpa harus membayar.
Kedelapan. Bukti pemesanan hotel. Lampirkan seluruh reservasi dan konfirmasi dari pihak hotel selama anda berada di sana.
Kesembilan. Fotocopy kartu keluarga, jika perjalanan dengan keluarga/suami/istri.

Waktunya Ketemuan
Apabila berkas visa dianggap lengkap oleh Kedubes Belanda, maka anda akan diminta membayar biaya visa Euro 60 (per orang), dibayarkan dengan rupiah mengikuti kurs yang berlaku hari itu.
Anda akan diberi tanda terima sekaligus sebagai dokumen pengambilan paspor dan visa schengen anda.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: