Membuat Visa Schengen Eropa

Dubes BelandaJadwal Pertemuan Aplikasi Visa di Kedubes Belanda

Saya perlu menuliskan pengalaman ini kepada para pembaca, berdasarkan pengajuan visa saya pertanggal 27 Maret 2015 ini. Tujuannya agar apa yang saya alami tidak terjadi pada diri Anda. Tidak mustahil, hanya gara-gara membuat visa ini, membuat anda stress bahkan sampai “stroke”. Bagaimana bisa? Bisa saja, coba kalau anda sudah pesan tiket pesawat (yang nyarinya pas dapat tiket promo, jadi sangat bernafsu tentunya), tetapi masalahnya justru visanya nggak berhasil dibuat … 🙂   Bisa nangis Bombay …  😦
Saya sudah mengikuti secara text book beberapa saran dari tulisan-tulisan yang saya pelajari dari orang-orang yang pernah mengajukan visa schengen. Dan sepertinya terlihat mudah.
Sayangnya beberapa prosedur yang saya ikuti, ternyata ketika saya mengajukan visa sebagian informasi sudah tidak lagi update. Ini yang menyebabkan saya gagal memperoleh visa schengen “made in” Belanda tersebut.
Padahal banyak orang bilang, visa Belanda disebut-sebut adalah yang paling mudah untuk memperolehnya. Mungkin karena dianggap kedekatan sejarahnya dengan Indonesia yang pernah menjajah? Yang jelas saya sudah ada pengalaman gagal. Gagal justru bukan karena persyaratan yang tidak terpenuhi, tetapi gagal karena ketiadaan waktu untuk membuat janji pertemuan untuk menyerahkan berkas visa.
Apa nggak bikin stress? Bayangkan! Tiket pesawat sudah dibeli, tiket transportasi antara Negara di Eropa sudah dibeli, penginapan selama di Eropa pun sudah dibooking. Tetapi untuk janji ketemuan dengan pihak kedutaan saja tidak ada waktu yang tersedia. Apalagi mau buat visanya?
Padahal waktu keberangkatan saya masih satu bulan lagi loh. Jadi, seharusnya masih jauh lah … sangat aman. Silahkan dilihat pada gambar di bawah. Kotak merah menunjukan sudah penuh, hijau adalah slot yang masih tersedia janji pertemuan. Saat itu saya hendak membuat janji pada tanggal 24 Maret 2015, tetapi semuanya penuh, lihat pada kotak merah, bahkan hingga pada 21 April 2015, penuh!. Padahal recana perjalanan adalah tanggal 20 April 2015. Tentu, tidak mungkin jika waktu yang tersedia untuk menyerahkan permohanannya saja baru ada mulai tanggal 22 April 2015. Dan gagalah pengajuan visa saya melalui Kedutaan Besar Belanda.

Dengan dasar pengalaman itu, maka saran saya, pengajuan Visa keluaran Belanda sebaiknya diajukan 3 bulan sebelum perjalanan dilakukan.
Lalu, adakah solusi untuk mengatasi masalah ini? Ada! Saya akan jelaskan pada tulisan terpisah. Sabar ya …


Tinggalkan Balasan

