Menyelamatkan Foto yang terhapus di Kartu Memory

ZARSepulang dari Guilin,  notebook dan iPad yang biasa saya pakai hilang, dicuri, tepatnya dirampok. Padahal di dalam notebook dan iPad berisi foto-foto yang  baru saja saya pindahkan dari memory card. Tentu saja foto-foto perjalanan itu sangat penting artinya bagi saya. Penting, sebab bisa jadi dalam seumur hidup itu hanya pada saat itu saja saya mengunjungi Guilin, Macau, Hongkong dan Guang Zhou. Entah kapan lagi saya akan kesana?. Sementara memory card itu sendiri, data-datanya sudah saya hapus semua. Mencari notebook  dan iPad yang dirampok, tentu saja tidak mungkin. Satu-satunya jalan adalah mengembalikan foto-foto yang terhapus tersebut di memory card. Apakah mungkin, bisa dimunculkan kembali?
Saya menggunakan beberapa software penyelamat file, di antaranya adalah:

  • iCare Data Recovery Profesional 4.6.4
  • Phoenix Photo Recovery Software 5.0.0.0.
  • RecoverMyFiles v5  dan
  • Zero Assumption Recovery

Inilah hasil dari upaya saya tersebut.

  1. Menggunakan iCare Data Recovery Profesional, seluruh file foto bisa diselamatkan. Hanya saja seluruh file-file tersebut tidak bisa dibuka.
  2. Menggunakan Phoenix Photo Recovery, seluruh file bisa diselamatkan. Hanya saja hasil filenya berukuran kecil-kecil dan sebagian besar rusak.
  3. Menggunakan RecoverMyFiles, sama saja. File yang diselamatkan, seluruhnya rusak.

File-fiile kembali utuh justru setelah saya menggunakan Zero Assumtion Recovery. Sehingga saya berani merekomendasikan aplikasi ini jika anda mengalami nasib yang sama dengan saya. File bisa di unduh di sini:  http://www.z-a-recovery.com/


Tinggalkan Balasan

