Mengunjungi Natural History Museum Beijing

museum

Sudah beberapa kali ke Beijing, tetapi baru kali ini saya berkesempatan mengunjungi Natural History Museum Beijing. Mengunjungi sebuah daerah atau negara, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Keberadaan sebuah museum, khususnya sejarah alam, menurut saya akan merepresentasikan kemajuan di negara itu dalam menemukan temuan-temuan fosil, khususnya untuk hewan-hewan atau tumbuhan yang sudah punah.

Sayangnya gedung yang besar itu, hanya sedikit berisi informasi yang bisa digali. Saya tidak melihat uraian-uraian ilmiah yang dapat membantu pemahaman orang-orang awam atas apa yang di dipamerkan, selain memamerkan ilustrasi-ilustrasi asal mula kehidupan. Tentu kita tidak ingin melihat ilustrasi dari sebuah gedung ilmiah. Melainkan fakta, yang ditunjukan melalui fosil-fosil.

Fosil-fosil lengkap hanya terlihat pada fosil dinosaurus, yang memang banyak ditemukan di negara tirai bambu itu.  Semula saya ingin sekali melihat banyak informasi mengenai manusia Peking ya g disebut-sebut leluhur manusia modern. Ketika dicari-cari malah tidak ketemu.

Yang ada malah malah dipajang salah satu suku dari Afrika. Padahal suku-suku di China ada ribuan, kenapa tidak suku-suku itu saja yang dipajang. Kenapa malah penduduk Afrika? Apa kaitan sejarah alam dengan penduduk Afrika  dan apa kaitannya juga dengan China?  Saya jadi teringat kasus Ota Bonga, yang telah dipaksa (dianggap) menjadi (sebagai) mahluk transisi (manusia kera). Padahal Ota Bonga adalah sama seperti kita, manusia modern, tetapi dipaksa menjadi manusia kera. Saya akan bahas masalah ini lebih detail nanti, kalau sudah ada waktu yang cukup.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: