Menyusuri Sungai Terjernih di Dunia

Pintu Gerbang Dermaga

Pintu Gerbang Dermaga

Menyusuri Sungai Li, merupakan wisata andalan yang ditawarkan oleh Guilin. Sungai yang airnya paling jernih di dunia ini akan melintasi gunung-gunung unik yang mungil  yang tersebar di kawasan ini. Mengapa bisa terbentuk seperti itu dan apa yang menyebabkan merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Pada tulisan terpisah, nanti akan saya bahas sebagai pendapat pribadi.

Dermaga Sungai Li di Guilin

Dermaga Sungai Li di Guilin

Sungainya tidak begitu dalam, rumput-rumput nampak menyembul dari dasar sungai mengikuti aliran air di atasnya. Sungguh merupakan pemandangan yang sangat menarik dan mengesankan. Saya kira, tidak ada lagi tempat seiindah ini dengan ciri khasnya dengan gunung-gunung yang mungil di manapun di dunia ini selain di Guilin, Cina.

Saya teringat lukisan-lukisan dengan pemandangan gunung dan sungai yang meliuk-liuk. Dulu, saya kira itu hanya imajinasi sang pelukisnya saja, tetapi rupanya keindahan alam ini adalah nyata, yang saat ini ada di depan mata saya.  Keindahan ini pula yang membuat pemerintah Cina mengabadikannya pada selembar uang kertas dengan nominal ¥ 20. Tidak menyesal, saya jauh-jauh ke sini melihat lukisan alam yang begitu indah.

Panorama Sungai Li

Panorama Sungai Li

Jika Anda ingin ke sini, bisa melalui jasa tour guide lokal dengan biaya sekitar ¥160, atau bisa juga menggunakan kendaraan bis dari Guilin menuju Yangshuo, ongkosnya sekitar ¥20 (per Oktober 2013). Dilanjut dengan kendaraan menuju dermaga Sungai Li.

Di Atas Rakit Bambu

Di Atas Rakit Bambu

Alternatif lain, bisa juga menyusuri sungai ini melalui Yangshuo. Bedanya,  tidak perlu lagi transportasi ke dermaga. Karena dermaga di Yangshuo berada tepat di pinggir kota.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: