Ternyata, Orang Papua itu lebih pandai dari Orang Kulit Putih

jared

Ini adalah sebuah buku yang menurut saya cukup menarik.  Buku yang ditulis oleh seorang ahli Biologi Evolusi , Jared Diamond dari Univerisity of California. Buku ini ditulis berdasarkan pertanyaan dari seorang sahabatnya yang bernama Yali, yang kemudian dijelaskan panjang lebar oleh Diamond sehingga membentuk sebuah buku.

Buku setebal 624 halaman ini menyajikan riwayat singkat perkembangan sejarah umat manusia dalam 13.000 tahun, dan sekaligus menjawab pertanyaan, “mengapa sejarah manusia  itu berbeda di setiap benua apa penyebabnya?”.

Hal ini yang menggelitik rasa  keingintahuan saya. Hal lain, adalah pernyataan Diamond yang menyebut bahwa orang Papua sebetulnya lebih pandai dari pada orang-orang kulit putih, baik secara genetis maupun secara mental perkembangan. Dalam buku itu juga dijelaskan perkembangan evolusi kuman, yang justru menjadi media ampuh dalam menguasai sebuah wilayah, selain bedil dan baja.

Semoga (dalam kesibukan ini) saya (masih) bisa (menyempatkan) untuk menyelesaikan sisa pembacaan ini dalam 2 minggu ke depan.

Apa yang saya tulis di atas, bukanlah sebuah resensi yang baik, tetapi akan banyak saya kutip dalam tulisan-tulisan saya mendatang, khususnya kumpulan artikel saya di http://kompasiana.com/harjo

Tulisan yang lain:


Tinggalkan Balasan

