Ciwidey – Cidaun, Menikmati Vegetasi Dari Dataran Tinggi ke Rendah (3)

ciwidey3Sambil menikmati sarapan pagi, kami nikmati air terjun ini di belakang warung

Jika antara Rancabali – Balegede, pemandangan lebih didominasi oleh perkebunan teh yang tertata rapi. Setelah Balegede kita disuguhi oleh vegetasi hutan suaka dataran tinggi, lengkap dengan beberapa air terjun. Jumlah nya kurang lebih ada 12, sedangkan di sisi lain, ada 3 air terjun.  Seolah melewati lembah yang membelah kedua pegunungan tersebut, kami susuri perjalanan yang meliuk-liuk itu.

Kami sempatkan untuk sarapan pagi, di sekitar tanjakan hung. Entah kenapa disebut Hung? Saya nggak sempat bertanya. Menu yang tersedia belum lengkap, mungkin siempunya warung baru buka.  Jadilah, kami harus menikmati makanan terpopuler se Indonesia, apalagi kalau bukan Indomie rebus, yang ditemani tahu goreng dan karedok. Lumayan, pagi-pagi harus makan karedok, semoga aja nggak mules nantinya.

ciwidey4Air itu jatuh mengairi persawahan di lembah pegunungan

Dari kejauhan, sambil menikmati sarapan itu, mata ini tertuju pada air yang mengalir dari atas puncak  gunung yang jatuh ke lembah … sungguh pemandangan yang menakjubkan. Tidak tanggung-tangung, jumlahnya ada sekitar 12-an. Belum termasuk yang nyempil, nggak kelihatan.

ciwidey5

Di lembah itu, air mengalir, mengairi persawahan yang tertata rapi. Beberapa petani, nampak sedang mengikat berkas padi hasil panen mereka. Penduduk Jakarta tentu tahunya hanya makan nasi, tetapi tidak pernah melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana nasi itu dihasilkan.  Sebuah pembelajaran menarik untuk anak-anak yang menyertai perjalanan saya kali ini.

Curahan air terjun itu, akhirnya membentuk aliran sungai entah menuju kemana … yang pasti menuju ke tempat yang lebih rendah, nggak mungkin ke atas 🙂

Beberapa ekor bajing nampak sedang menikmati sarapan juga di atas pohon sana. Sayang saya tidak sedang membawa lensa tele.

Bersambung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: