Ciwidey – Cidaun, Menikmati Vegetasi Dari Dataran Tinggi ke Rendah (2)

Kabut masih menutupi pegunungan di RancabaliKabut, masih menutupi perkebunan teh di Rancabali

Pagi pagi buta, saya sudah  menstarterkan mobil, untuk memulaikan perjalanan dari Cimanggu menuju Cidaun. Suhu udara sangat dingin,  membuat saya tadi malam tidak berhasil memejamkan mata, saking dinginnya.  Sambil masih berasa  ngantuk,  perlahan mobil pun melaju.

Kabut tebal, masih menyelimuti pegunungan yang saya lalui dipagi itu. Walaupun beberapa bulan yang lalu saya melintasi jalur ini, hanya saja saat itu di malam hari, sehingga tidak ada yang bisa dilihat.  Pagi ini, ternyata pemandangannya sangat menakjubkan.

Beberapa ruas jalan, khususnya di daerah Rancabali sedang ada perbaikan jembatan dan jalan.  Selebihnya hingga Naringgul jalanan mulus berhotmix.  Panorama perkebunan teh kita bisa nikmati sejak Rancabali hingga Balegede dengan jalanan yang berliku-liku. Sesekali saya berpapasan dengan kendaraan umum ELF, jurusan Ciwidey – Cidaun. Selebihnya sangat jarang kendaraan.

ciwidey2Jalanan yang sepi, berliku, dan mulus dengan latar belakang beberapa air terjun.

Jalur ini, sepertinya jalur favorite untuk tujuan touring komunitas-komunitas tertentu. Saya sempat berpapasan dengan beberapa komunitas, seperti: komunitas Jeep Wrangler yang bannya nongol keluar,  komunitas Toyota Fortuner, juga komunitas kendaraan motor roda dua dengan berplat nomor polisi D, Bandung.

Biasanya mereka dari Jakarta ambil jalur Bandung tetapi pulangnya melalui Sindang Barang, Cianjur, Sukabumi, Bogor dan Jakarta.

Bersambung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: