Kisah Julia Pastrana, yang memprihatinkan!

julia

Tertegun saya melihat sebuah foto pada artikel berjudul, “Jasad Wanita Paling Buruk Rupa di Dunia di Makamkan Setelah 150 tahun”, di sebuah media online, detik.com di sini. Bukan beritanya yang menjadi perhatian saya, tetapi foto yang terpampang pada artikel tersebut. Saya tidak bermaksud ikut-ikutan mengejek atau menghina wanita itu sebagai “wanita kera” seperti yang selama ini dikenakan kepada kepada si pemilik wajah itu.

Saya sangat prihatin atas cerita itu.

Saya hanya ingin mengaitkan bentuk wajah itu dengan teori yang selama ini dijadikan sebagai bukti teori evolusi, khususnya evolusi manusia. Wajah itu tidak asing lagi bagi saya, karena sangat banyak menghiasi buku-buku ilmiah. Karena Homo erectus itu pun sangat mirip dengan wajah itu. Mungkin karena kemiripan itukah? Sehingga sang suami, yang seharusnya menjadi pelindung, merasa di perbolehkan untuk memamerkannya ke seluruh negara untuk menjadi bahan  tontonan, bahkan hingga matinya?

Selama ini saya berhipotesis bahwa bentuk wajah itu sangat sering kita temui pada masyarakat modern saat ini. Jadi, bentuk seperti itu bukanlah bentuk awal manusia modern, apalagi dijadikan sebagai bukti bahwa manusia kera itu adalah  missing link antara kera dengan manusia. Pada  Suku Aborgin sangat banyak saya temui bentuk wajah  yang mirip seperti ini.

Jadi, kemunculan Julia Prastana ini,menguatkan dugaan bahwa teori evolusi manusia kera, benar-benar harus sudah ditinggalkan, karena sudah tidak sesuai.
Uraian lengkap, akan saya jelaskan nanti di http://kompasiana.com/harjo


3 responses to “Kisah Julia Pastrana, yang memprihatinkan!

Tinggalkan Balasan

