Selamat ulang tahun Mbah Darwin

Hampir saja lupa, kalau hari ini ternyata ulang tahunnya Mbah Darwin. Lengkapnya, Charles Darwin, seorang naturalist yang melahirkan teori kontroversial sepanjang masa, Teori Evolusi. Hari ulang tahunnya, hanya berbeda 2 hari dengan saya. Saya tanggal 10, dia tanggal 12.
Jadi, memang hampir sama karakternya, cuma bedanya: dia menyesatkan melalui teorinya. Saya hanya berusaha meluruskan apa yang sudah diteorikan oleh beliau, lengkapnya, tulisan saya bisa dilihat di kompasiana.com/harjo.

Mungkin karena bertepatan ulang tahun Darwin, hari ini harian Tempo pun membahas masalah evolusi. Khususnya evolusi Asal usul mamalia. Lengkap dengan program komputer untuk melihat kemungkinan bentuk leluhurnya. Tentu saja ini tulisan luar biasa, dan program komputer yang luar biasa. Dan tentu saja, orang awam akan dengan mudah mempercayai apa yang dihasilkan oleh program tersebut.

Saya yang bekerja juga di komputer, tentu tahu juga, parameter-parameter apa yang harus dimasuki agar si program itu mampu untuk memperkirakan bentuk leluhur tersebut. Parameter itu basisnya adalah evolusi. Lengkapnya bahwa evolusi itu dianggap benar terjadi, sehingga parameter itu pun berangkat dari paradigma itu juga.

Sehingga pada akhirnya akan menimbulkan keanehan baru lagi, bukti evolusi terapi menggunakan paradigma yang juga basis evolusi. Bagaimanakah kita bisa mempercayai program tersebut?


One response to “Selamat ulang tahun Mbah Darwin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: