Pentingnya Digitalisasi Dokumen

Saya kira, sudah waktunya, perusahaan-perusahaan itu  mendokumentasikan seluruh dokumen pentingnya  ke dalam bentuk digital. Kenapa? Jika sewaktu-waktu terjadi bencana, seperti tsunami, atau karena gunung anak krakatau yang akan bersiap-siap memuntahkan larvanya, perusahaan akan tetap memiliki arsip digitalnya.
Atau, kalaupun tidak ada bencana, pengarsipan dalam bentuk digital akan memudahkan mencari dan menemukan dokumen yang kita butuhkan dengan mudah. Tentu saja harus ada aplikasi untuk pencarian tersebut. Dengan arsip digital kita tidak memerlukan ruangan khusus untuk menyimpan segala macam bentuk arsip. Tidak juga melakukan pemeliharaan terhadap arsip-arsip itu dari serangan rayap atau dikencingin tikus misalnya.

Ketika semua dokumen sudah didigitalisasi, lalu mau dikemanakan arsip-arsip yang hardcopy itu?  Gampang, simpan saja di perusahaan yang memang bergerak di dalam penyimpanan arsip tersebut, seperti ANRI misalnya.

Atau kalau Anda tidak punya perusahaan, saya kira mendokumentasikan dokumen-dokumen pribadi seperti ijasah, surat nikah, sertifikat kursus, dsb tidak kalah pentingnya. Sehingga kalau terjadi kebakaran rumah misalnya, dokumen ini tetap ada, sehingga mudah untuk diurus kembali, jika benar-benar terjadi masalah.

*) Gambar di atas adalah ketika perusahaan saya melakukan pengarsipan digital di sebuah  lembaga.

Baca juga artikel lainnya:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: