Indahnya naik angkot …

Dalam beberapa minggu terakhir ini, saya sedang belajar kembali kekebiasaan lama dalam bertransportasi, yaitu menggunakan kendaraan umum. Menurut saya ini penting, kenapa?  Karena dengan menggunakan kendaraan umum, ini akan melatih otot-otot kaki, kuda-kuda, dan  tulang menjadi lebih kuat. Orang yang tidak terbiasa, dipastikan akan selalu kehilangan keseimbangan ketika berdiri di metromini atau pun bis. Begitu juga ketika hendak turun dari angkot, dipastikan tidak akan mulus, nabrak-nabrak dengkul orang.  Itu adalah pengalaman saya, ketika di awal-awal menggunakan kendaraan umum.

Betapa sulitnya berdiri, di atas bis, ketika bis yang kita tumpangi ugal-ugalan mengejar setoran. Begitu juga, betapa sulitnya ketika turun dari kendaraan angkot yang harus menunduk hampir 45 derajat supaya kepala tidak terbentur atap mobil. Tentu saja ini menjadi pengalaman yang (menurut) saya luar biasa, dan memang harus dibiasakan.

Keuntungan lain, dengan menggunakan kendaraan umum, kita pum berlatih untuk berjalan, berlari dengan semangat 45 mengejar bis yang sudah distop tetapi tetap melaju dengan indahnya.  Tentu saja, ini akan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

Saya jadi berpikir, bagaimana jadinya kalau tidak pernah melakukan itu, 25 tahun kemudian? Betapa rapuhnya tulang, otot-otot kita, walaupun tidak di atas bis atau angkot, melainkan berjalan di rumah sendiri. Jadi,  anggap saja, ketika menggunakan kendaraan umum adalah investasi kesehatan di hari tua. Sehingga kualitas hidup di hari tua, tetap terjaga. Minimal tidak menyusahkan orang lain.

Lalu bagaimana dengan menghadapi debu-debu jalanan? Gampang, sekarang ini sudah banyak dijual masker yang harganya cuma seribu rupiah. Masker inilah yang membuat saya bersemangat untuk menggunakan kendaraan umum.

Berani coba? Dipastikan tidak berani, apalagi bagi anda yang sudah bebas secara finansial, dan menurut saya memang tidak masalah, selama anda sendiri punya waktu untuk dialokasikan  keperluan olahraga secara khusus. Jadi, nasehat saya di atas adalah bagi anda yang tidak punya waktu untuk berolahraga.

Pada postingan mendatang, saya akan mendata transportasi umum dan rute-rute jalannya di Jakarta.


Tinggalkan Balasan

