Wisata Air Terjun: Curug Nangka

Gambar: Curug Nangka, sayang airnya sedang kurang deras

Curug Nangka adalah salah satu kawasan wisata air terjun  yang berada di kaki Gunung Salak, yang memiliki  ketinggian 750 m dpl. Lokasinya, terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor.

Peta dan Koordinat GPS menunjukkan angka:  6° 40′ 4.12″ S  106° 43′ 37.09″ E.  Kawasan ini masuk dalam pengelolaan RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor, KPH Kabupaten Bogor.

Sebetulnya, di kawasan ini ada 3 buah curug (air terjun) dari mulai yang paling tinggi, yaitu Curug Kawung, kemudian di bawahnya Curug Daun dan Curug Nangka itu sendiri yang letaknya paling bawah.

Menyusuri tepian aliran sungai menuju Curug Nangka

Masing—masing curug berjarak sekitar 100 meter dan yang paling dikenal adalah Curug Nangka, karena relative mudah diakses, paling dekat dari pintu masuk wisata.

Untuk mencapai lokasi Curug Kawung dan Curug Daun, Anda harus melalui jalan setapak dengan kondisi jalan yang naik turun di pinggir aliran sungai. Curug Kawung adalah curuh yang paling tinggi yaitu sekitar 25 meter dan letaknya dikelilingi bukit.  Disepanjang jalan, banyak ditemui monyet-monyet ekor panjang  dari jenis Macaca fascicularis. Dipastikan akan menyemarakan langkah perjalanan  langkah kita menuju puncak Curug yang paling atas.

Airnya jernih, cocok untuk membawa anak kecil untuk berenang

Menuru saya, ini adalah lokasi hiking yang cocok untuk melatih tulang dan otot-otot kaki dari pengeroposan tulang. Kontur tanah yang turun naik, tetapi tidak terlalu ekstrim.

Di pinggiran sungai juga ada beberapa lokasi untuk camping.Di hari-hari libur, biasanya akan banyak didirikan tenda.

Cara Mencapai Lokasi

Dari kota Bogor ke Curug Nangka adalah 25 km. Bisa ditempuh dengan kendaraan umum trayek 03 jurusan Bogor-Ciapus dari terminal Ramayana.  Waktu tempuh adalah  sekitar 45 menit yang dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 1,5 km. Tetapi jika menggunakan kendaraan pribadi bisa ditempuh langsung sampai di lokasi dengan kondisi jalan yang sudah beraspal mulus.  Tiket masuk ke Curug Nangka :  Rp 2.500,-, tiket masuk Pemda Kab Bogor : Rp 5.000,- dan  tiketpParkir : Rp 3.000,-

Baca juga artikel lainnya:


13 responses to “Wisata Air Terjun: Curug Nangka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: