Museum Perjuangan Bogor

Gedung  ini didirikan pada tahun 1879, oleh pengusaha Belanda bernama Wilhem Gustaf Wissner. Di gedung ini pernah digunakan sebagai tempat pergerakan nasional pada tahun1935,  pernah digunakan sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang milik Belanda, pernah juga digunakan untuk menyambut dan mempertahankan kemerdekaan RI pada tahun 1945. Kemudian pada tahun 1958 dihibahkan oleh pemiliknya kepada Umar Bin Usman Albawahab menjadi Museum Perjuangan Bogor.

Museum ini didirikan oleh para pejuang Bogor  untuk mewariskan semangat juang serta nilai-nilai 45 kepada generasi saat.

Di gedung ini, bukti-bukti perjuangan pejuang kemerdekaan tersimpan rapi di antaranya: berbagai koleksi senjata yang pernah digunakan untuk melawan penjajah, replika keheroikan  pertempuran di Bogor antara tahun 1945 – 1950, dan ada kata-kata penggugah,  di salah satu batu nisan, yang menjadi symbol  kebangkitan rasa nasionalisme.

“Achmad Daniel dan Banteng Soeroso yang gugur di Cibeber, Aminta, Mochtar dan Soemirat gugur di Karangtengah, Bantamer gugur di Cipelang, Tahromi gugur di Gunungpuyuh, Atje gugur/hilang di Kalibata dan lain-lain tak dikenal. Dari rekan-rekanmu eks siswa SMP/Tjoe Gakko Bogor, November 1987”

Lokasi Museum

Jalan Merdeka No 56, Bogor, Jawa Barat, Telp 0251-9135879

Jadwal Kunjungan

Sabtu s.d. Kamis, pkl 09.00 – 14.00

Harga Tiket

Dewasa: Rp 2.000,-  Anak-anak: Rp 1.000,-


6 responses to “Museum Perjuangan Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: