Museum Etnobotani

Museum Etonobotani ini memang kalah populer dibanding museum di sebelahnya yang juga di bawah  pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu Museum Zoologi.  Jika Museum Zoologi sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda, maka museum ini baru diresmikan sejak tahun 1982 oleh mesristek kala itu, B.J. Habibi.

Sesuai dengan namanya, Etnobotani, yaitu ilmu yang mempelajari tumbuhan dan kaitannya dengan pemanfaatan tumbuh-tumbuhan  oleh suku-suku asli di Indonesia.  Salah satu hal menarik menurut saya, adalah pemanfaatan tumbuhan untuk keperluan jamu.  Keberadaan museum ini tentu saja (seharusnya) akan banyak melahirkan berbagai macam obat-obatan tradisional yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Banyak ide-ide yang akan bisa digali di sini.

Kita pun pernah belajar juga kepada  seekor orang utan yang menderita sakit.  Dan bagaimana upaya hewan itu mengatasi penyakitnya, dengan mengamati tingkah laku dan perilakunya. Kemudian diinventarisir jenis makanan yang digunakan yang mengakibatkan hewan tersebut sembuh. Dari perilaku itu akhirnya terungkap bahwa ada sejenis tumbuhan yang bisa mengobati penyakit tersebut.

Itu baru dari seekor  binatang, betapa akan luar biasanya jika kita mau mempelajari ini pada penduduk di seluruh tanah air Indonesia, suku-suku di pedalaman, yang notabene tentu memiliki kearifan yang lebih baik dalam menangani kasus-kasus seperti itu. Tentu, ini akan menjadi kajian yang menarik untuk bisa terus dikembangkan.

Kalau banyak orang menyadari pentingnya museum ini, tentu akan banyak ditemukan obat-obatan yang luar biasa dikemudian hari yang sampai saat ini ada beberapa penyakit yang belum ada obatnya. Obat-obatan hanya salah satu dari fungsi tanaman ini, banyak fungsi lain yang dijelaskan di museum tersebut.

Tertarik? Silahkan kunjungi museum ini.

Alamat: Jl. Ir H. Juanda No 22-24  Bogor,  terletak di sebalah Kebun Raya Bogor. Buka setiap hari dari Senin – Jumat, pkl 08.00 – 16.00 dengan tiket masuk Rp 2.000,-


2 responses to “Museum Etnobotani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: