Istana Bogor

 

Dulu, namanya adalah Buitenzorg atau Sans Souci, adalah salah satu dari enam istana presiden yang berlokasi di kota hujan, Bogor.  Istana ini dibangun sejak tahun 1744, yang pada mulanya dipergunakan  sebagai tempat peristirahatan para gubernur.  Tetapi sejak tahun 1870 hingga 1942, menjadi kediaman resmi para gubernur jenderal Belanda.

 

Untuk memasuki kawasan ini, memang harus ada ijin khusus, itupun kalau tidak ada acara kenegaraan.  Tetapi ada hari-hari tertentu, seperti hari jadi kota Bogor beberapa waktu lalu, instana ini terbuka untuk masyarakat.

Hal yang tidak dapat dipisahkan dari Istana Bogor adalah keberadaan rusa-rusa, yang didatangkan dari Nepal  dan terjaga hingga saat ini yang jumlahnya sangat banyak. Daya dukung halaman istana  yang luasnya 28.4 hektar itu rupanya menjadi habitat yang cocok untuk rusa itu beranakpinak.

Setiap sore, banyak warga yang membawa anak-anaknya  memberi  makanan penghuni istana itu berupa wortel yang disediakan para petani local di sini.

Cara mencapai Istana Bogor, sangat mudah. Kota Bogor adalah kota yang kecil, seluruh angkutan kota, sebagian besar akan melalui tempat ini, karena berada di jantung kota Bogor.

Menarik!

Iklan

4 responses to “Istana Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: