Gagal, Liburan Ke Karimun Jawa (1)

Destinasi liburan kali ini, sebetulnya adalah Karimun Jawa, sebuah Taman Nasional Laut yang terletak di perairan Utara Jepara, Jawa Tengah. Sayangnya, tidak sampai di tujuan, penyebabnya tidak ada kapal yang mau angkut saya ke sana  😦 .  Kasihan anak-anak, maksudnya saya!.  Padahal untuk mencapai Jepara saja, dibutuhkan perjuangan yang luar biasa. Tambahan lagi saya juga sedang masa pemulihan setelah sakit 2 minggu, butuh waktu 19 jam perjalanan dengan menggunakan bis yang namanya “Muji”  dari terminal bis Pulogadung.

Sengaja perjalanan kali ini menggunakan moda angkutan umum, sebab kali ini saya benar-benar ingin menikmati perjalanan, yang benar-benar jalan, tidak lagi nyetir. Sudah lama saya tidak naik bis. Semoga saja layanan bis semakin membaik dibanding 15 tahun yang lalu ketika saya pergi sendiri ke Bali. Apalagi sekarang banyak komunitas penggemar bis (community bus mania), tentu saja banyak yang akan mengkritisi setiap layanan bis, yang tidak baik dan benar.

Sayangnya layanan bis, tetap saja buruk, molor. Padahal kapal yang akan berangat dari Jepara itu pkl 10.00 wib, sementara tiket bis yang saya pegang ini, seharusnya berangkat pkl 14.50 wib, tetapi hingga pkl 18.00 masih belum berangkat juga.  Tentu saja ini membuat ketar-ketir, yang semula mau nyantai, malah jadi stres mengingat harus mengejar waktu kapal, besok pkl 10.00 wib.

Tiket yang tidak murah itu, karena alasan lagi musim liburan …  🙂  tapi penumpang nggak penuh-penuh.  Padahal menurut saya sih, ketika liburan itulah, adalah kesempatan bis untuk mempromosikan diri, menunjukan kepada masyarakat, bahwa naik bis itu lebih indah dari pada pesawat, walaupun harganya nggak jauh beda. Sayangnya, justru tidak dimanfaatkan dengan baik, selain untuk menangguk keuntungan sesaat. Payah!

Untungnya, waktu ngetem yang lama itu, masih dapat hiburan … bisa update status loh   🙂  Eitsss … bukan dari wifinya bis ini, melainkan bis “Bejeu” yang ada di depan bis saya, yang baek banget, mau ngasih sedotannya. Jadi dech … saya berkesempatan nyedot beberapa email saya.

Cukup lama di terminal, akhirnya pkl 19.00 wib bis berangkat juga … butuh waktu 4 jam di terminal. Parah pisan. Padahal kalau saja saya bawa mobil sendiri, hanya butuh waktu 12 jam perjalanan Jakarta – Jepara. Apa boleh buat, tiket sudah dibeli jauh hari sebelumnya. Perlahan, bis pun meninggalkan terminal Pulo Gadung yang mulai gelap.

Lagu dangdut pun mulai diperdengarkan oleh sang kenek  bis,  yang terdengar dengan meriahnya. Pas di depan mata saya.  Ya, di depan mata, soalnya saya duduk  paling depan! Dan anak saya pun pusing, mendengar lagu itu  …  😀  dia cepat-cepat nyalakan laptop dan memutar lagu-lagu kesukaannya.  Sambil memejamkan mata, maklum, jogetnya nggak pantas untuk dilihat anak-anak.  Saya sendiri bukannya anti lagu dangdut, saya juga suka lagu-lagunya Bang Haji. Ini sih, beda, masa ada lagu  “belah duren”  … weleh, weleh.  🙂

Bersambung,  (… kalau ada waktu untuk menulis)

4 responses to “Gagal, Liburan Ke Karimun Jawa (1)

  • Dunia Rahmi

    Wah ada ya mas bus yang pake tiket tp molornya segitu lama? gada bus kramat jati ato apa gt mas yang jalan tepat waktu. Harusnya contoh primajasa, penumpang 1 orang pun tetap jalan tepat waktu. Saya juga ada rencana ke karjaw biz lebaran, semoga bisa terwujud :))

    • harjo

      Iya Mbak, itu sih bukan molor lagi namanya 🙂
      Saya menggunakan bus itu, kebetulan pernah baca rekomendasi dari sebuah blog yang saya lupa URLnya. Selain bus itu, alternatif lain, banyak: Bejeu, Haryanto, dll.
      Ok, saya doakan semoga terwujud ya … 🙂

  • Ely Meyer

    4 jam di terminal ? wadewww

    aku dah lama ndak denger lagu dangdut Har 😛

Tinggalkan Balasan

