Adakah manfaat buah seri?

Pagi ini saya nggak langsung ke kantor, agak sedikit demam, padahal pagi ini harus memimpin rapat. Takutnya kalau dipaksakan ke kantor penyakit ini kambuh di kantor, bisa kacau …  Jadilah saya nggak masuk. Tetapi diam di rumah, nggak enak juga. Jadi,  saya paksakan tetap masuk kantor, tetapi bukan ke kantor pusat, melainkan kantor cabang yang kebetulan ada hal yang harus dikerjakan di sana.

Hal menarik kalau ke kantor cabang ini adalah banyaknya pohon seri (kersen) di sekitar kantor. Jadinya, bukan kerja, malah mencari buah seri hehehe …  Cukup banyak, buah seri yang berhasil saya kumpulkan, lihat pada gambar di atas.  Masih banyak sebetulnya, cuma saja, terlihat seperti kurang kerjaan banget ngambilin buah ini. Padahal daerah ini adalah komplek perusahaan pelayaran   :D

Saya jadi berpikir, apakah buah ini tidak ada manfaatnya sama sekali, selain sekedar makanan burung?  Tajuk pohon ini sangat rimbun, jadi, pilihan yang cocok untuk menutup tanah gersang di sekitaran Tg Priok yang panas.

Dari sebuah artikel yang kebetulan saya coba googling, saya berhasil menemukan informasi, bahwa: Buah ini ternyata sangat bermanfaat untuk keperluan anti uric acid (asam urat). Di Indonesia rupanya,  buah Seri telah lama digunakan sebagai obat asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

Nama ilmiah untuk tanaman ini adalah Muntingia calabura L sedangkan nama  daerahnya :  Pohon kersen, pohon ceri atau talok.
Kandungan buah kersen setiap 100 gram kersen adalah sbb :
Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Bagaimana kalau buah seri ini di jus enak nggak ya?


11 responses to “Adakah manfaat buah seri?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: