Mencoba implementasi aplikasi customer relationship

Kali ini saya menuliskan tentang sedikit pekerjaan saya, di bidang IT, sekaligus calon Technoprenuer …  (tahun depan, maunya!).

Beberapa hari ini, saya lagi coba salah satu aplikasi customer relationship, diantaranya  oSticket. Sebetulnya ada beberapa aplikasi sejenis, seperti: Crafty Syntax Live Help, Help Center Live, PerlDesk, PHP Support Tickets, Support Logic Helpdesk, dan Support Service Manager, dsb.

Banyaknya client yang harus dilayani, nampaknya perlu juga mémanage setiap keluhan client.  Dari aplikasi tersebut, nantinya bisa termonitor, kasus mana yang belum ditindaklanjuti, mana yang statusnya sudah close dan mana yang masih open. Aplikasi yang sangat penting untuk orang-orangf IT, apalagi perusahaan mengadopsi standar sertifikat ISO, dimana setiap keluhan harus dapat diselesaikan dalam waktu  4 jam.

Sudah lama nggak utak atik script, dan dulu juga nggak pernah juga sih.  Sehingga butuh waktu juga untuk penyesuaian. Masalahnya adalah, aplikasi yang pertama kali saya coba ini, nampaknya butuh beberapa hari ke depan untuk dimodifikasi sedikit sesuai kebutuhan perusahaan.

Untuk editing script ini,  semula saya gunakan Dev-PHP2, tetapi rupanya ada masalah dengan  extention file yang sudah dibuat, akhirnya saya gunakan PSPad Editor, dan berhasil, tidak ada masalah untuk lakukan editing.

Nantinya, para client, jika ada keluhan, tinggal isi formulir, submit, beres.  Untuk penyampaian ini bisa menggunakan melalui Handphone juga jika komputernya sendiri bermasalah.  Cara baru ini, setidaknya akan sedikit merubah kerja di dept IT, jika sebelumnya menggunakan cara-cara conventional menggunakan kertas, 3 rangkap pulak. Nantinya tidak lagi.

Pekerjaan ini sebetulnya tindakan bunuh diri  Dept IT. Koq bisa? Ya, iyalah, sebab jika selama ini pekerjaan kita tidak termonitor menjadi termonitor oleh Management. Bahkan history setiap permasalahan di sisi client akan mudah terbaca, sehingga menjadi alat gebuk buat departemen IT.    :-)

Bagaimanapun, hidup harus berubah!


2 responses to “Mencoba implementasi aplikasi customer relationship

  • Pulau Tidung-aja

    Suka atau tidak, bagaimanapun, harus siap oleh perubahan.
    Setuju pak.

  • Jasa SEO

    yah begitu ya mas susahnya menjadi ahli IT apalagi pas ketemu dengan custome request kayak membuat aplikasi ini. Yang susahnya dalam local network itu kalo aplikasi udah ketemu tinggal bagaimana menconnecting antar komputer apa lagi gedungnya besar repot dah pasti. Maju terus mas Harjo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: