Berapakah berat maksimal tas dibawa ke cabin pesawat?

Pagi ini, ada seorang anggota milis komunitas backpacker bertanya, berapakah berat maksimal tas yang diperbolehkan dibawa ke cabin pesawat?

Sebetulnya, hampir semua maskapai penerbangan, mensyaratkan bahwa,  bawaan di cabin maksimal adalah 7 kg, hanya untuk 1 tas kecil yang mudah ditenteng, tetapi tidak untuk koper.

Pengalaman saya, pernah sekali waktu ketika ke Australia, tanpa sengaja koper yang ada di belakang tas saya, tertarik sehingga koper itu jatuh. Walaupun ringan, tetapi permukaan koper itu keras sehingga kalau terjatuh dan menimpa kepala, bisa dibayangkan, apa jadinya?.

Beruntung ketika itu tidak mengenai kepala, hanya jatuh beberapa centimeter di belakang pramugari itu, ke bawah dengan suara yang cukup keras. Jadi, wajar, jika memasukkan koper ke cabin dilarang. Menurut saya memang cukup berbahaya.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah,  jumlahnya, walaupun tidak mencapai 7 kg tetapi jumlahnya banyak, tetap akan kena teguran. Ada baiknya, tas yang kecil-kecil itu dimasukan ke dalam satu tas.

Selain itu, agar tidak membawa cairan di atas 100 ml, baik cair maupun kental. Pengalaman saya ketika ke China beberapa waktu yang lalu, memang tidak diijinkan, meskipun yang dibawa saat itu adalah madu, dan saya jelaskan madu itu untuk mengobati bibir saya yang jontor karena pengaruh suhu dingin di China pada bulan April 2010 yang lalu. Setelah beberapa waktu cukup lama, bernegosiasi hanya untuk sebotol madu, akhirnya petugas bandara itu pun memperbolehkan.

Tetapi intinya, membawa cairan di atas 100 ml memang tidak diperbolehkan.

Lalu bagaimana dengan membawa cairan berupa parfum atau  minuman atau sabun di bandara / dutyfree . Tidak masalah, carian tersebut bisa dibawa ke cabin.


4 responses to “Berapakah berat maksimal tas dibawa ke cabin pesawat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: