Pencuri Penyu

Penyu sisik atau dalam bahasa latinnya Chelonia mydas adalah salah satu hewan yang dilindungi. Sayangnya, banyak masyarakat kita justru masih saja banyak yang memburu hewan ini. Ini terlihat ketika saya hendak ke  Pulau Tidung beberapa waktu lalu. Di salah satu kapal yang sedang sandar di dermaga Muara Angke, saya mendapati hewan ini terkurung di bak penampungan air. Dan ketika ketahuan oleh saya, salah seorang anak buah kapal cepat-cepat menutupnya dengan terpal.

Saya pikir ini perbuatan yang sangat tidak terpuji, yang terjadi justru di daerah wisata yang baru akan berkembang, Kepulauan Seribu. Seharusnya para pengelola kapal sadar, bahwa meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah ini, salah satunya adalah adanya keindahan alam, keanekaragaman hayati yang masih terpelihara baik, yang justru lokasinya tidak jauh dari Ibu Kota Negara.

Meningkatnya kungjungan wisatawan tentu akan menaikan pula pendapatan buat mereka sendiri. Semoga kita tidak lagi menemui ulah beberapa oknum kapal seperti ini lagi di masa yang akan datang.

 

 

Iklan

8 responses to “Pencuri Penyu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: