Ketahuan, copypaste ya …

Sepertinya, perlu juga dunia perblogan di atur, sebagaimana aturan yang dibuat oleh Dewan Pers, di sini.  Walaupun yang dimaksud blog di situ adalah terkait dengan pengelola media siber, apakah blog pribadi juga termasuk yang diikat dalam aturan tersebut?

Sebagaimana ruang lingkup untuk point a- tidak termasuk, tetapi jika mengacu pada point b, jelas termasuk.

Pada tulisan ini, saya ingin mennyoroti point 7, yaitu masalah hak cipta, “Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku”. Saya pikir, produk tulisan di blog juga ada sebuah karya cipta. Seyogyanyalah hal itu dihormati.

Kemarin, 9 Februari 2012, saya mendapatkan sebuah blog dengan seenaknya mengcopypaste salah satu artikel dari blog saya. Apa yang saya tulis memang sedehana, hasil survey saya kecil-kecilan di sebuah pulau wisata, dan sipemilik blog itu dengan seenaknya saja melakukan hal tersebut, tanpa ijin, dan tanpa menyebutkan sumbernya pula.

Nampaknya budaya anti plagiarisme perlu dibudayakan. Makanya saya setuju juga, jika 27 Januari 2012 yang lalu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso membuat surat edaran yang mewajibkan lulusan program sarjana  untuk membuat makalah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah, yang tujuannya untuk mencegah plagiarisme.  Aturan ini mulai akan diterapkan pada Agustus 2012 mendatang.

Apa susahnya sih menulis? Menurut saya gampang dan sangat menyenangkan.  Menulis adalah representasi apa yang ada di dalam otak kita.  Makanya sejak usia dini, kepada 2 anak saya, selalu saya ajarkan untuk selalu belajar menulis, gunakan media blog sebagai sarana pembelajaran.  Dan saya sudah mengingatkan mereka untuk jangan pernah meng-copypaste karya orang lain. Itu adalah pelanggaran. Kalau memang perlu mengutip dari pendapat orang lain, silahkan kutip, tentu tidak seluruh isi tulisan bulat-bulat, dan sebutkan sumbernya.

Mari membangun budaya menulis.


20 responses to “Ketahuan, copypaste ya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: