Mulai lagi dengan e-commerce

Hari ini ada dua pekerjaan yang harus saya selesaikan, sehingga masuk  ke kantor pun menjadi agak terlambat. Pertama, menyelesaikan sebuah proyek  di salah satu Badan Layanan Umum, Pemprov DKI di Jakarta Timur. Kedua, menyelesaikan pekerjaan bisnis online saya, yaitu pengadaan  router untuk pengiriman ke wilayah  Bandung.

Yang ingin saya garis bawahi pada postingan kali ini adalah  pada point kedua, masalah penjualan online. Atau apa sih namanya? e-commerce?  kayanya keberatan nama, karena websitenya masih terlalu sederhana. Jadi,  saya sebut penjualan online saja.  Selama ini, bisnis yang satu ini, kurang saya garap serius, jarang yang beli soalnya  🙂    dan memang nggak pernah promo, temen di depan meja saya pun nggak tahu, kalau saya punya bisnis ini  🙂

Websitenya tidak dimaintenance, juga kurs yang digunakan pun masih  Rp 8.500,- padahal hari ini saja tercatat Rp 9.150,-          :-(   artinya website tersebut benar-benar  kurang mendapat perawatan.  Kalau ada orang tetap memesan, luar biasa kepercayaan orang itu pada website saya. Jarang-jarang loh …

Alasan kedua, dulu saya pernah tertipu, beli prosesor 6 buah, setelah barang di antar eh…. ternyata oleh sipemesan barangnya  diambil di tengah jalan dan bablas lah itu prosesor …  :-(   Kasus lain, pernah juga dibayar pake giro, ehh … gironya ternyata bodong. Jadi, masalah kepercayaan dalam bisnis online ini sangat penting. Baik bagi si pembeli maupun si penjual, saling percaya.

Adanya pesanan kali ini, kebetulan yang beli pun tidak bertanya lebih dulu, tawar menawar atau apa lah, jadi langsung pesan, dan transfer uang???  Rupanya sipembeli ini benar-benar sangat percaya dengan website saya tersebut.  Bahkan tanpa ditawar pulak hehehe …  Lah, bagaimana kalau barangnya tidak saya kirim.  Yang pasti, harganya memang murah, karena itu adalah harga lama dan saya belum sempat update harga terbaru lagi. Masa, saya bilang, “oh maaf itu  salah harga, Bah …!   enggak lah, mau ditaruh di mana ini muka. Lagi pula, kebetulan harga routernya itu sendiri memang sudah turun. Jadi pas lah walaupun kurs dolar naik, nggak masalah, seri.  Lagian penjualan online itu nggak boleh mahal, kan nggak ada modal apa-apa selain kepercayaan dengan distributor? Cuma sewa domain dan hosting doang.

Kepercayaan dibisnis online memang suatu hal yang sangat penting.  Jadi, untuk menjaga kepercayaan tersebut, saya harus turun tangan sendiri, untuk memastikan tidak ada kesalahan. Sambil memberi pengarahan kepada staf, yang notabene selama ini hanya ngurusin proyek.

Kayanya mulai besok, akan saya format ulang tuh website,  dan menyiapkan staf yang khusus menangani masalah ini. Semoga di tahun 2012, sudah bisa benar-benar online, demikian juga dengan bisnis proses di dalamnya, harus benar-benar secara online. Hubungan antara perusahaan dengan distributor-distributor dan juga dengan jasa pengiriman.

SEMANGAT!!!

Saya perlu menulis ini,  cuma sekedar menyemangati diri.  Inilah salah satu alasan, kenapa harus ngeblog.


6 responses to “Mulai lagi dengan e-commerce

  • Evi

    Semangat Mas Harjo. Semoga bisnis onlinenya lancar jaya di tahun 2012. Ngomong2 itu pembeli yakin pasti karena percaya bahwa orang yg jualan sama baik dengan dirinya🙂

  • Ely Meyer

    bj ku suka sekali beli barang2 online, dan Insya allah sampai skrg selalu menerima barangnya dgn baik

    memang nomor satu itu kepercayaan ya Har, terus servicenya juga, semoga sukses deh bisnisnya, kalau nggak sekarang dimulai kapan lagi ?
    ikut menyemangati🙂

    • harjo

      Untuk di negara maju, spt nya e-commerce sudah biasa ya, tetapi untuk negara berkembang, khususnya di Indonesia, ini bertentangangan dg culture kali yah …
      Orang kita kan hobi banget ke mall, jadi kalau beli barang ya harus datengin ke tokonya sambil jalan-jalan.
      Walaupun cuma beli satu biji, biasanya lebih memilih datengin mallnya atau hypermarket hehehe ….
      Sy tunggu ceritanya, kenapa sampe di Jerman 🙂

  • edratna

    Untuk bisnis on line…pertama-tama web site isinya harus di maintain agar selalu up to date, tampilan menarik.
    Dan jika ada yang beli, pastikan agar barang sampai di tempat pembeli tepat waktu, kualitas terjaga, karena ketidaknyamanan pembeli akan segera menyebar dan bisa merusak bisnis.

Tinggalkan Balasan

