Bekerja sampai pagi

Gara-gara mengerjakan dokumen tender, sehingga saya nggak tidur semalaman, dan praktis sejak pagi  menguap terus di kantor.  Parah!. Padahal sejak sebulan yang lalu saya sudah berkomitmen kepada diri sendiri untuk tidak lagi mengerjakan tender yang memboroskan waktu, dan tidak memaksakan diri kalau memang tidak siap.

Entah kenapa tender di Pemda Bekasi untuk sebuah proyek TI ini tetap saya ajukan. Alasannya, marginnya setelah saya hitung-hitung memang cukup besar, sebab biasanya sedikit. Peserta tender pun tidak begitu banyak. Dan untuk pertama kali ini, baik pendaftaran maupun anwijizing saya delegasikan kepada staf, yang baru mengenal dunia tender. Jadi kegiatan saya memang lumayan berkurang. Hitung-hitung memberikan training, jadi apa yang sudah dikerjakannya, harus saya lanjutkan hingga selesai proses tersebut, sekaligus menjadi pembelajaran buat dia, mengenai  seluk beluk pertenderan.

Tetapi rupanya, banyak hal yang masih belum siap. Sehingga praktis malam itu saya yang harus menyelesaikannya sampai pagi, dari urusan spesifikasi teknis, identitas, jadwal pelaksanaan,  surat dukungan vendor, dsb.

Semoga ini menjadi yang terakhir, betapa kacaunya mengelola waktu. Sudah bukan waktunya lagi untuk kerja terlalu keras. Tetapi juga tidak terlalu lemah menghadapi situasi apapun. Semoga esok menjadi lebih baik.


Tinggalkan Balasan

