Linksys CIT200

Siang ini,  salah seorang Pimpinan perusahaan  yang kebetulan sedang berlibur di luar negeri, mencoba menghubungi kantor di Jakarta,  menggunakan skype phone. Ehhh … ternyata nggak jalan.  Complainlah bos ke departemen IT, apa pasal? Rupanya alat tersebut tidak berfungsi …

Saya mencoba memperbaiki, alat tersebut, namanya :  Linksys CIT200.   Alat ini tidak bisa terkoneksi ke Skype, dengan pesan, “disconnected”. Saya coba, perbaiki, rupanya tetap tidak bisa terkoneksi. Padahal ketika dilakukan instalasi, tidak ada masalah, dan system mengenali alat yang baru dipasang tersebut (tanpa menggunakan driver bawaan alat tersebut), dan siap digunakan.  Jangankan ke skype.com ke base station saja tidak bisa.

Terakhir, ternyata alat tersebut baru bisa digunakan ketika menggunakan driver yang memang bawaan dia. Jadi, tidak bisa menggunakan bawaan Windowsnya, sepertinya harus sesuai dengan keinginan versi dari alat tersebut. Sekarang phone skype itu sudah bisa terkoneksi. Masalah berikutnya adalah  statusnya  masih off line, belum bisa terkoneksi ke server skype.  Maksudnya, sudah bisa terkoneksi ke base station, tetapi belum bisa terkoneksi ke skype.com.

Untuk meng-onlinekan, computer yang menjadi base dari skype phone  tersebut harus lebih dulu terkoneksi lebih dulu ke skype.com. Baru kemudian posisi skype phone dalam keadaan online.  Selanjutnya, alat tersebut sudah bisa dipergunakan kembali seperti sedia kala.

Sebagai catatan, bahwa alat tersebut sebetulnya alat lama, yang dibeli sekitar tahun 2006. Menurut saya menggunakan alat ini sangat menguntungkan, paling tidak menghemat komunikasi biaya telepon.  Apalagi untuk komunikasi ke luar negeri dan sebaliknya.


2 responses to “Linksys CIT200

  • Sugeng

    Kalau pakai skype apa tidak bisa langsung ngoimong pakai mic (headphone) yang ada pak ?? say sendiri sih tidak pernah jarang mengunakan fasilitas telepon dari skype, paling sering ya cuman chatt saja😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: