Windows XP: System Operasi (yang masih) Paling Banyak Digunakan

Kemarin, saya coba iseng-iseng melakukan riset kecil-kecilan, ingin mengetahui system operasi apa yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Keisengan ini bermula dari claim Microsoft yang sudah berhasil membukukan transaksi Windows 7 nya mencapai 400 juta license copy ke seluruh dunia (sumber: detik.com). Kalau angkat tersebut dikalikan dengan harga Windows 7 Profesional (sekitar Rp 1.300.000, -an), tentu Anda bisa menghitung,  berapa pundi-pundi yang dihasilkan perusahaan software terbesar tersebut hanya  dari Windows 7?. Alasan kedua, kabarnya Microsoft pada tahun mendatang akan menjual produk anyarnya, Windows 8. 

Untuk melakukan penghitungan ini, saya gunakan blog saya sendiri, https://harjo.wordpress.com  dengan melihat pengunjung yang datang pada tanggal 13 Juli 2011, mulai pukul 13.52 hingga  pukul  18.04 wib.  Aplikasi yang digunakan adalah Live Traffic nya Feedjit Live yang memang sudah terpasang di blog tersebut.

Hasilnya, pengunjung yang menggunakan: 

  • Windows 7        : 37,25%
  • Windows XP     : 50,98%
  • Windows Vista: 5.88%
  • Mac Apple        : 5.88%

Dari hasil hitung-hitungan tersebut, menunjukkan bahwa pengguna sistem operasi masih didominasi oleh Windows XP, yaitu sebesar 50.98 persen. Jumlah ini tentu bisa dianggap bisa  merepresentasikan pengguna WIndows XP di Indonesia.  Idealnya penghitungan tersebut harus dilakukan beberapa kali dengan rentang waktu yang berbeda-beda (Nanti akan saya lanjutkan). Tetapi dengan hitungan awal ini, paling tidak ada gambaran, bahwa kebanyakan orang masih enggan untuk berpindah.  Jadi, jangankan pindah ke Windows 8  yang tahun depan akan dirilis, ke Windows 7 saja masih enggan!

Kenapa harus ke Windows 8?

Menurut Steve Ballmer, CEO Microsoft, evolusi ini diperlukan untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, karena diprediksikan Netbook dan Notebook nantinya akan tersingkir oleh tablet PC yang mobile,  lebih praktis. Sehingga mau tidak mau Windows 8  yang bersandikan LongARM ini harus dimunculkan agar kompatibel dengan CPU berasitektur ARM terbaru pada tablet PC tersebut.

Sebagai informasi bahwa, Windows 7, saat ini belum bisa menjalankan instruksi pada ARM yang berbeda dengan x86.  Dulu, Vista dimunculkan karena trend perkembangan Netbook saat itu. Sedangkan WIndows 7 dimunculkan karena munculnya tablet PC, hanya saja perkembangan tablet PC ini sendiri jauh lebih cepat.

Kabarnya, pada Windows 8 ini butuh hardware yang tinggi. Bicara soal hardware ini, tentu kita masih ingat dengan Windows Vista, yang kemudian gagal dipasaran, karena terkenal dengan boros resource. Nah, bagaimana dengan WIndows 8?  Microsoft  menjanjikan akan tetap berjalan, hanya saja ada beberapa limitasi.

Bagaimana menurut Anda, apakah akan siap-siap beralih ke Windows 8?


6 responses to “Windows XP: System Operasi (yang masih) Paling Banyak Digunakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: