Mencari Notebook Ukuran 13 inch

Berapa sih bagusnya untuk ukuran layar sebuah monitor, khususnya notebook?  Sebetulnya ini tergantung dari orang yang menggunakannya, apakah ada masalah dengan penglihatan, seperti mata minus.  Juga tergantung juga pada tipikal dari sipengguna notebook itu, apakah hanya untuk keperluan kerja, keperluan entertain, update status, atau hobby ngeblog.  Faktor-faktor tersebut turut mempengaruhi keputusan dalam memilih ukuran layar monitor.

Soalnya, beberapa waktu lalu saya sempat bingung untuk memutuskan membeli baru notebook yang akan saya gunakan.  Semula saya memilih ukuran yang 11 inch dengan pertimbangan, karena saya orangnya mobile, suka berada di luar kantor, bahkan jika liburan pun sering membawa-bawa notebook, untuk sekedar monitoring e-mail dan ngeblog.

Persoalannya, ukuran sebesar itu, kesannya koq, seperti kekanakan, alias  untuk anak-anak  sekolah ya …  sulit jika mengerjakan aplikasi aplikasi tertentu seperti pengolah gambar,  yang memerlukan tampilan resolusi tinggi.

Bagaimana dengan ukuran 15 inch. Sebelumnya saya menggunakan ukuran tersebut, hanya saja kendala yang saya alami selama ini adalah susah untuk  di bawa-bawa karena ukurannya yang lebar dan bobot yang berat.  Saya juga nggak terlalu sering digunakan untuk keperluan entertain (memutarkan musik atau film). Sedangkan jika ukuran 14 inch, saya pikir masih belum terlalu signifikan ada perbedaan dengan yang ukuran 15 inch.  Jadi, saya tidak memilih ini.

Bagaimana dengan ukuran 13 inch?.  Nah ini, tidak terlalu lebar, juga tidak terlalu kecil. Dan untuk melihat huruf-huruf masih jelas terbaca.  Tetapi yang pasti mudah dibawa-bawa kalau lagi nge-backpack.

Ini dia notebook-notebook ukuran 13 inch.

  • Toshiba Portege R830 – 2018 UB
  • Toshiba Satelite L735 1030-XW
  • HP Probook 4330S
  • HP Probook 5310m
  • Lenovo Thinkpad Edge 13.3
  • Dell Inspiron 13R
  • Acer Aspire 3820T

Akhirnya yang saya gunakan adalah Lenovo Thnkpad Edge 13.3 inc.  Bagaimana dengan Anda, mana yang Anda suka?


2 responses to “Mencari Notebook Ukuran 13 inch

  • Amri

    Saya baru saja beli laptop asus x42de 14″, tapi sepertinya saya kurang cocok dengan laptop ini. Walaupun kelebihannya denga proc amd phemom, dan vga ati radeon 512mb.

    Memang cocok untuk gamer, tapi saya bukan gammer, saya cuma hobi kaya agan.

    Jadi saya juga ingin jual ini laptop dan cari yang 13″ kalau ada yang minat.😀

    Dan kalau ada yang mau jual 13″😀

  • lili mulyadi

    sama saya lebih suka yang 13 inc

Tinggalkan Balasan

