Tanaman Hogweed Serang New York

Tanaman Hogweed raksasa (Sumber: http://wisplants.uwsp.edu)

Hogweed raksasa yang memiliki nama latin Heracleum mantegazzianum dikabarkan saat ini  mengalami peningkatan populasi yang sangat tinggi di New York. Keberadaannya saat ini telah  mengancam manusia karena getahnya yang sangat beracun.  Manusia yang kena getah ini, dikabarkan  akan mengalami seperti terbakar pada kulit, hingga tingkat tiga dan bersifat permanen.  Efek yang lebih berbahaya lagi adalah jika mengenai mata,  ini akan berakibat mengalami kebutaan.

Tingginya populasi tanaman ini mengakibatkan Departemen of Environmental Conservation (DEC) New York saat ini, mengeluarkan peringatan kepada masyarakat, untuk menghindari jika menemukan tumbuhan ini. Dan sejauh ini sudah 1004 laporan yang masuk mengenai keberadaan tanaman ini.

Tanaman ini dikenali dari ukurannya yang besar dan dapat mencapai ketinggian hingga 7 meter. Data botani tanaman tersebut adalah sbb:

Kelas: Magnoliopsida, Ordo: Apiales, Family: Apiaceae, Genus: Heracleum, selengkapnya bisa lihat di sini: http://www.forestryimages.org.

Kabarnya, tumbuhan ini berasal dari daerah Kaukasus diperbatasn Eropa dan Asia, kemudian dibawa oleh orang Amerika sebagai tanaman hias.

Yang perlu dipikirkan, apa peranan dari tanaman ini bagi sistem-sistem ekologi. Kalau memang merugikan bagi manusia, lalu untuk apa Tuhan ciptakan untuk manusia?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: