Sekarang ICANN Dipimpin oleh Seorang Hacker

Foto: Jeff Moss (Sumber: http://www.wired.com)

Seorang hacker ternama asal Amerika Serikat, Jeef Moss akhirnya dipilih sebagai pimpinan di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Saya tidak mau membahas si hacker ini, melainkan lembaga yang akan dipimpinnya, ICANN. Saya pikir, ini adalah sebuah lembaga yang perlu diketahui oleh orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan internet.  ICANN adalah sebuah organisasi yang mengatur kebijakan tentang penamaan domain dan pengorganisasian semua DNS server di internet. Lembaga ini dibentuk sejak tahun 1998.  Sebelumnya pengaturan domain dan IP address ini di atur oleh Internic.  Baru, setelah tahun 1998 diatur oleh ICANN.

Beberapa organisasi lain, yang konsen terhadap perkembangan internet adalah: ISOC  (Internet Society), berdiri sejak tahun 1992, sebuah organisasi yang bergerak dalam standarisasi, edukasi dan kebijakan; IANA (Internet Assigned Numbers Authority), merupakan bagian dari ICANN tetapi lebih mengurusi pada hal-hal teknis; W3C (World Wide Web Consortium), sebuah organisasi yang mengurusi file yang dipublikasikan di internet, seperti standarisasi bahasa pemrograman internet.

Kalau ICANN adalah pengatur penamaan domain, lalu apakah untuk mendaftar domain harus ke lembaga tersebut? Tidak, ICANN tidak menerima layanan seperti itu, melainkan melalui registrar.  Selama ini, saya mendaftarkan domain adalah melalui Goddady yang berpusat di Amerika Serikat. Ketika itu masih belum ada perusahan di Indonesia yang mengurusi hal tersebut.  Tetapi saat ini Indonesia pun sudah memiliki ragistrarnya yaitu melalui PT Ardh Global Indonesia.  Untuk melihat lengkap daftar registrar selanjutnya bisa dilihat di tautan berikut ini: ICANN Accredited Registrars.

Dipilihnya Jeff Moss menurut Rod Beckstrom (Presiden dan Chief Executive Officer ICANN), diharapkan mampu mengantisipasi serangan hacker dan ancaman cyber.

Semoga.


One response to “Sekarang ICANN Dipimpin oleh Seorang Hacker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: