Bagaimana cara memindahkan email dari Outlook Express ke Windows 7?

Walaupun sudah lama muncul, tetapi baru kali ini saya berkesempatan menggunakan Windows7 Profesional.  Maklum, saya termasuk orang yang tidak mudah terprovokasi untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi. Selama kebutuhan untuk kerja terpenuhi, tidak terkendala, cukuplah. Jadi, lumayan cukup lama saya bertahan menggunakan Windows XP. Bahkan untuk WIndows Vista pun saya tidak pernah tahu bagaimana rasanya. Kabarnya Vista ini adalah produk gagal, karena boros resource.  Beruntung saya tidak latah untuk ikut-ikutan.

Bagaimana dengan Windows 7? Kabarnya ini adalah system operasi dari Microsoft Windows yang paling ringan, tidak memberatkan, tidak boros sumber daya. Hanya saja ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan Windows XP, khususnya dalam penanganan e-mail. Dan tulisan ini memang hanya membatasi pada masalah e-mail, yaitu bagaimana cara memindahkan e-mail lama ke WIndows 7.

Di Windows XP dikenal dengan Oulook Express, sedangkan untuk software sejenis di Windows 7, jangan kaget, karena ternyata setelah diinstall, tidak ada.  Setelah dicek, ternyata harus download lagi di websitenya Microsoft, Windows Live Mail. Walaupun gratis, tetapi cukup merepotkan juga, kenapa harus dipisah? Apakah cuma strategi market mereka, agar Microsoft bisa mengarahkan orang untuk membeli Microsoft Office, di mana di dalamnya ada Microsoft Outlook.

Sekedar informasi, untuk downloadnya, bisa klik di sini: http://windows.microsoft.com/en-US/windows/downloads/windows-live, nama filenya adalah wlsetup-web, besarnya file: 1,257 KB.  Software e-mail tersebut tergabung dalam Windows Live Essential 2011, software lainnya adalah:  Messanger, Photo Gallery, Movie Maker, Mail, Writer, Family Safety, Windows Live Mesh, Messenger Companion, Bing Bar, Oulook Connector Pack, and Microsoft Silverlight. Dan semuanya adalah gratis.

Caranya adalah: Export dulu e-mail lama dan tempatkan di storage terpisah. Selanjutnya  di Windows Live Mail, tinggal dilakukan import saja. Jangan lupa untuk mengekspor addressnya juga.


3 responses to “Bagaimana cara memindahkan email dari Outlook Express ke Windows 7?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: