Curug Cigamea

Jika Anda bosan dengan tempat wisata yang itu itu terus, mungkin berwisata ke hutan perlu juga sekali-kali. Salah satunya adalah Curug Cigamea (Curug = Air terjun dalam bahasa Sunda). Tidak perlu khawatir, walaupun berjalan di tengah hutan, tetapi jalannya berhotmix dan cukup aman, paling tidak itu pengalaman saya kemarin (5 Juni 2011). Curug ini lokasinya berada di Gunung Bunder, Kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun. Untuk memasuki kawasan ini, jika dari Bogor,  salah satunya adalah melalui jalan ke arah Lewiliang. Persisnya, setelah melewati Kampus IPB Dramaga,  kurang lebih sekitar 5 km belok ke kiri ke arah Gunung Salah Endah.  Kalau bingung, Anda bisa  tanyakan saja dengan orang di sepanjang jalan untuk menuju ke Gunung Bunder.

Jalanannya mulus berhotmix, hingga di lokasi wisata. Waktu perjalanan kurang lebih 45 menit.  Memasuki kawasan Taman Nasional, Anda harus membayar tiket masuk, per orang Rp 4.000,- . Di sepanjang jalan sini, banyak sekali curug, tetapi kali ini yang saya ingin kunjungi adalah curug Cigamea.  Kebetulan baru kali ini saya ke sini. Tiket masuknya Rp 6.000,-.

Dari pintu masuk hingga ke lokasi curug, lumayan jauh, sekitar 1 km-an. Walaupun begitu, jalannya cukup bagus, sudah tertata rapi dan diplester,  jadi tidak perlu takut jatuh.  Di sini ada 2 curug (air terjun), yang di sebalah kiri, dindingnya agak kemerahan dari tanah. Sedangkan yang disebelah kanan dindingnya berbatu. Tidak begitu tinggi, tetapi cukup menyegarkan  …


2 responses to “Curug Cigamea

  • shantibaikhati

    LOWONGAN PERUSAHAAN ONLINE GAJI HINGGA 15 JUTA RUPIAH

    1. Penawaran Gaji Pokok 2 Juta/Bulan
    2. Jenis Tugas (Pekerjaan) Hanya Meng-Entry Data Secara Online Dari Rumah Anda, Per Entry 10 Rb Rupiah, Bila Sehari Anda Sanggup Meng’Entry 50 Data Maka Gaji Anda 10RbX50Data=500Rb Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan 500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
    3. Untuk Semua Golongan Individu Pelajar/Mahasiswa/Karyawan Yang Memiliki Koneksi Internet, Dapat Dikerjakan dirumah/diwarnet.
    4. Dapatkan Gaji 200Rb Didepan Setelah Pendaftaran Untuk Semangat Kerja Pertama Anda.
    5. Cara Pendaftaran di http://kerjaonline200.blogspot.com/

Tinggalkan komentar