Cara Transfer Domain

Semula isi blog ini, hanya akan membatasi pada masalah-masalah terkait dengan hobby saya saja, backpacking dan penikmat keindahan alam,  dan bukan masalah pekerjaan!.  Tetapi kebetulan saat ini saya sedang dihadapkan pada masalah kepemilikan domain.

Intinya, salah satu domain yang selama ini saya kelola, akan saya pindahkan kepemilikannya kepada orang lain. Tulisan ini saya buat, sambil menunggu balasan e-mail tentang EPP Code, dari tempat saya biasa meregister domain di godaddy.com (yang belakangan, saya ketahui ternyata hanya butuh waktu beberapa detik saja).

Sebetulnya, ada dua cara untuk mengalihkan kepemilikan domain ini, yaitu: Transfer Domain dan Push Domain. Pada tulisan ini, akan dibahas lebih dulu masalah Transfer Domain, sedangkan Push Domain pada kesempatan mendatang.

Berikut cara Transfer Domain:

Rubah dulu status domain menjadi   ‘unlock’
Caranya, yaitu:   login ke account godaddy (ini adalah salah satu tempat  saya meregister domain), isikan username dan password.
Lalu, ikuti langkah-langkah berikut:

• Dari ‘My Products’, klik ‘Domain Manager’
• Beri tanda cek pada kotak  domain yang akan di transfer.

•  Klik status  ‘Locked’ dari menu “manage”.
•  Beri tanda cek  ‘Lock’ menjadi   ‘Unlock’.
•  Klik  ‘Ok’  untuk proses perubahan.

Authorization Code, cara memperolehnya adalah sbb:
• Dari ‘My Products’, klik  ‘Domain Manager’
• Klik domain yang akan diretrieve Authorization Codenya.
• Pada  ‘Domain Information’ pada bagian  ‘Authorization Code: Send by Email’.
• Klik pada link ‘Send by Email’.
• Klik  ‘Ok’  untuk memperoleh  Authorization Code yang akan dikirimkan ke administrative Contact melalui e-mail.

Selanjutnya dengan waktu yang tidak terlalu lama, mereka akan segara mengirimkan balasannya, beserta Authorization Codenya.

EPP Code ini lah yang biasa diminta oleh tempat Anda mendaftar di tempat hosting yang baru.


2 responses to “Cara Transfer Domain

  • maskatar

    Ifo bagus ne, kebetulan saya juga sedang melakukan proses transfer tapi kenapa sudah lebih 10 hari proses transfer tidak kelar2, saya sudah hubungi pihak registrar dan tempat baru tapi masih ngambang, status masih aja pending transfer…gimana ne solusinya.

    • harjo

      @Maskatar,
      Iya, terkadang memang dipersulit oleh tempat mendaftar domain pertama, karena tentu berkurang pemasukan lagi buat mereka. Ini butuh waktu untuk meyakinkan mereka, kalau kita memang betul-betul akan merubah kepemilikan sekaligus pindah domain. Dia biasanya akan minta konfirmasi kembali ke pemilik pertama melalui e-mail, kalau memang benar-benar akan dirubah. Nah informasi inilah yang ditunggu oleh pihak mereka, masalahnya pendaftar pertama ini enggan untuk melakukan konfirmasi tersebut. Saya pun butuh waktu 2 minggu untuk proses tersebut.

Tinggalkan Balasan

