The Australian Museum

Setiap saya berkunjung ke suatu daerah, selalu saya sempatkan untuk mampir  ke museum. Buat saya, museum adalah tempat menarik, yaitu cara singkat mencari sumber informasi dari suatu daerah  yang kita kunjungi.  Australian museum adalah salah museum yang berada di jantung kota Sydney. Museum ini merupakan salah satu museum tertua di Australia, dan memiliki reputasi internasional dalam sejarah alam dan antropologi.  Banyak informasi yang bisa diperoleh disini, di antaranya: kisah penduduk asli Australia, hewan-hewan endemik Australia, hewan-hewan yang sudah punah seperti dinosaurus, batu-batu mineral, antropologi, dan paleontology.

Museum ini di bangun pada  tahun 1821. Sebelumnya bernama Museum Kolonial atau Museum Sydney, tetapi sejak 1836 diberi nama Museum Australia.

Berbeda dengan kebanyakan museum di Indonesia yang selalu monoton, pasif, terkesan hanya berisi benda mati yang tidak bisa lagi berbuat apa-apa.  Museum ini sangat aktif dan dinamis. Sepanjang tahun selalu saja ada berbagai acara dan pameran, bahkan untuk satu tahun ke depan sudah ada banyak agenda kegiatan yang ditawarkan, diantaranya:  Warapped in a Possum Skin Cloak by the Lake exhibition, tanggal 18 Maret – 31 Juli 2011;  Fashion Less Wate 2011: Birds of Paradise, tanggal 21 April 2011; Ritual of Seduction: bird paradise, tanggal 9 April – 7 Agustus 2011; Up Close & Spineless Photographic Competion 2011, tanggal 27 April  – 9 September 2011;  Descendendace – Aboriginal Dance and Culture Program, tanggal 14-21 Juni 2011.

Harga tiket masuknya, memang tergolong mahal untuk ukuran orang Indonesia: 12 $  untuk orang dewasa dan 6 $  untuk anak-anak (5-15 tahun), di bawah 5 tahun gratis.  Sedangkan untuk tiket famili adalah 30 $ (2 orang dewasa dan 2 orang anak-anak).  Bandingkan dengan museum Zoologi Bogor, yang hanya mematok tarif Rp 5.000,- untuk orang dewasa dan Rp 2.500 untuk anak-anak sekolah. Jadi, wajar kalau agak sulit berkembang dan berkreasi, selain hanya tempat penyimpan makhluk hidup yang sudah diawetkan.

Lokasi Australian Museum berada di sudut jalan antara William Street dengan College Street,  tepatnya:

6 College Street, Sydney NSW 2010.

Buka setiap hari 09.30 am – 5 pm, telp: +61 2 9320 6000, fax:  +61 2 9320 6068, e-mail: marketing@austmus.gov.au, http://www.australianmuseum.net.au.


One response to “The Australian Museum

  • Ely

    hobi kita sama donk, aku n suami juga selalu usahakan berkunjung ke museum kalo lagi kunjungan ke satu tempat

    kayaknya nggak boleh motret dlm museum ya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: