Mengajukan Aplikasi Visa Australia

Meskipun tiket pesawat sudah saya pesan setahun lalu, masalahnya pengajuan aplikasi visa baru dilakukan H-7. Terlalu mepet, karena ada masalah lain yang harus saya selesaikan dulu, yaitu KTP yang ternyata sudah tidak berlaku. Semula saya pikir untuk membuat KTP bisa diwakilkan, tetapi saat ini tidak bisa lagi. Pemohon harus datang sendiri ke kelurahan untuk di foto, dan diambil sidik jarinya  (nggak tanggung-tanggung, 10 sidik jari). Informasi itu pun baru saya peroleh setelah pengajuan 2 minggu didaftarkan di kelurahan. Baru diberitahu bahwa, harus pemohonnya sendiri yang harus datang. Itu alasan keterlambatan saya mengajukan visa.

Dengan waktu yang tersisa 7 hari, saya harap pengajuan dan dokumen yang saya bawa tidak ada masalah, bisa diselesaikan hari ini juga. Kantor Australian Visa Application Center (AVAC) ini beralamat di Gedung ABDA, lantai 22, Jl Sudirman. Tidak terlalu sulit mencarinya, karena lokasinya tepat di depan Senayan. Di tempat yang sama juga ada tempat pengurusan visa Kanada, Inggris dan Dubai. AVAC ini dikelola oleh perusahaan swasta, PT. VFS Services Indonesia.

Jam buka kantor:
Waktu pengajuan : 08.30 – 16.00
Waktu pengambilan : 14.00- 16.00
Hari kerja : Senin – Jumat
Website : http://www.vfs-au-id.com; http://www.immi.gov.au; http://www.austembiak.or.id
E-mail : info.diacid@vfshelpline.com
Call Centre : +62 21 5104 01 590/91

Syarat-syarat pengajuan aplikasi
1. Mengisi Formulir 48R, khusus turis dan ditandatangani oleh pemohon.
2. Foto 4 x 6 yang ditempelkan pada formulir 48R.
3. Dokumen pendukung seperti: surat keterangan dari kantor tempat saya bekerja; keterangan cuti; foto copy akte kelahiran; foto copy keluarga; foto copy nikah; foto copy KTP; foto copy asuransi kesehatan; foto copy tiket pesawat pulang pergi; foto copy hotel tempat menginap; dan foto copy rekening tabungan
4. Pasport asli untuk ditempeli visa.
Total biaya yang saya keluarkan: Rp 2.369.000,- untuk dua orang plus fee kartu kredit 3%. Rinciannya perorang adalah: Visa Fees: Rp 970.000,- ; logistic fees: Rp 145.455,- ; SMS platinum: Rp 20.000,- Untuk melacak passport yang sudah dimasukan, sebetulnya bisa juga dicek di http://www.vfs-au.id.com dengan memilih menu pilihan, Lacak Passport Anda.
Lama waktu pembuatan passport adalah 5 hari kerja. Idealnya pengajuan ini bisa diajukan 2 minggu sebelumnya. Semakin lama semakin bagus. Kalau sudah mepet begitu waktunya, kita bilang saja bahwa waktu kita terbatas, dan pihak mereka akan memberi tanda menggunakan post it kuning, agar menjadi prioritas. Selama persyaratan terpenuhi, seharusnya tidak ada masalah. Dan pihak PT FVS Services Indonesia bukanlah pihak yang menentukan diterima atau ditolaknya pengajuan. Semua keputusan ada di Kedutaan Besar Australia. Jadi, pastikan bahwa semua dokumen sudah lengkap.
Sekarang tinggal menunggu, disetujui atau tidaknya aplikasi visa saya.  Hmmm….  semoga disetujui.


5 responses to “Mengajukan Aplikasi Visa Australia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: