Kiriman buku dari Kang Ocon “Panduan Hemat Keliling Australia”

Mungkin saat itu  saya lagi beruntung, sehingga tidak sengaja tebakan yang dilontarkan Kang Ocon di sebuah milis, berhasil saya jawab, dan betul … hehehe … Secara logika seharusnya sih pastinya Tibet, karena sudah beberapa dia kali bicara soat Tibet. Tetapi entah kenapa feeling saya koq sepertinya Australia.  Kebetulan juga saya memang sedang mencari-cari informasi untuk tujuan backpacker saya di tahun ini, Australia. Ya, Australia, tepatnya: Melborune, Sydney, Gold Coast dan Brisbane.

Buat saya, buku ini menarik, karena benar-benar memandu bagi yang ingin berjalan-jalan ke negeri Kangguru. Jadi, bukan buku catatan perjalanan (catper), yang biasanya melulu menceritakan hal pribadi yang enggak ada kaitan dengan rencana perjalanan kita nantinya.

Dalam berbacpacking, biasanya saya tidak mau mengandalkan buku-buku panduan.  Bebas, karena disanalah justru nanti bisa jadi akan menemukan hal-hal baru, yang belum tentu ditulis dibuku-buku panduan. Sehingga ketika mengunjungi suatu kota, biasanya saya lebih suka untuk menyasarkan diri. Ketika tersasar dan kemalaman, ya, akhirnya saya harus menginap, entah di mana. Di situlah seninya, paling nggak itu menurut saya. Jadi, tidak mau terikat oleh jadwal, meskipun jadwal itu dibuat sendiri.

Tetapi kerugiannya, kadang ada tempat-tempat menarik disuatu tempat, justru menjadi terabaikan. Tidak dilihat sama sekali, karena kurangnya informasi. Ini pengalaman tahun lalu ketika backpacking ke China.

Jadi, berangkat dari pengalaman itu, demi efisiensi waktu karena jadwal cuti yang terbatas, perlu juga mempelajari secara cermat mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi. Sehingga dengan waktu yang terbatas, tidak perlu lagi bereksperimen, apalagi bersusah payah mencari-cari sebuah alamat yang kita tuju secara instuisi. Tidak perlu lagi mempelajari, berapa lama waktu tempuh ke sebuah obyek wisata tertentu.  Sudah bisa membedakan, apakah tempat wisata yang kita tuju, adalah wisata kelas dunia, tempat wisata yang biasa dikunjungi wisatawan asing?  Ini penting, karena ini di negeri orang.

Melalui buku ini, akhirnya, saya bisa menyusun rencana perjalanan saya, seperti:  tempat-tempat yang harus saya tuju;  berapa lama saya harus tinggal di daerah tersebut;   di mana saya harus menginap; bagaimana saya harus mengurus visa; dan lebih penting, bagaimana supaya bisa menekan biaya sekecil mungkin.

Sayangnya sebagai sebuah buku panduan, ukurannya menurut saya agak cukup besar, sehingga kurang praktis untuk dibawa-bawa…

Lepas dari itu, menurut saya, panduan ini penting, kecuali, jika sudah kelebihan duit  dan tidak dibatasi lagi oleh waktu  🙂

One response to “Kiriman buku dari Kang Ocon “Panduan Hemat Keliling Australia”

Tinggalkan Balasan

