Cacing Naga

Heboh penemuan cacing naga di Tanjung Api-api, Banyuasin, Sumatera  beberapa waktu lalu (27/1)  ternyata adalah cacing nipah yang biasa digunakan untuk memancing. Kehebohan terjadi karena ukurannya yang panjang, hingga 2,5 m.  Karena bentuknya yang unik itulah sehingga warga menyebutnya sebagai cacing naga.

Cacing naga berukuran 2,5 m (Sumber: Kompas.com)



Cacing ini punya banyak kaki, dengan tubuh berwarna merah dan lunak dan dua taring di kepala. Bentuk tubuh memanjang, seperti lipan, seukuran jari, bersegmen dan permukaannya dilapisi kutikula.Sehingga cacing ini termasuk ke dalam filum Annelida. Filum ini sendiri dibagi menjadi 3, yaitu: Polychaeta, Oligochaeta, dan Hirudinea. Cacing naga ini termasuk ke dalam kelompok Polychaeta.

Cacing ini biasa diperjualbelikan dengan harga Rp 8.000,- perekor di tingkat pengepul, sedangkan di tingkat pengecer bisa mencapai Rp 15.000,- . Keunikan hewan ini, membuktikan bahwa masih banyak keanekaragaman jenis hewan yang belum banyak terungkap di wilayah ini.  Bahkan ketika search di Google pun belum berhasil menemukan nama ilmiah untuk hewan ini, ada yang tahu?

Iklan

2 responses to “Cacing Naga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: