Melacak E-mail

Bisa saja, seorang karyawan  diam-diam mendelete permanen atas e-mail e-mail yang diterima karena suatu alasan. Sehingga terhindar dari apa yang seharusnya menjadi tanggungjawab si karyawan tersebut. Dan si karyawan tersebut, menyangkal telah menerima e-mail tersebut. Untuk alasan inilah kemarin, saya melakukan investigasi untuk memastikan bahwa karyawan tersebut benar-benar tidak menerima e-mail tersebut.

Ada dua cara:  pertama, bisa melihat di log mailserver. Kedua, bisa juga lihat di PC yang bersangkutan.

Ontrack Easy Recovery Profesional

Tulisan ini akan menjelaskan cara kedua, yaitu melalui PC nya, yang menggunakan Oulook Express. Tools yang saya gunakan adalah Ontrack Easy Recovery Profesional.

  • Langkah pertama, Install tools tersebut di computer di PC yang Outlook Expressnya akan dicek.
  • Setelah terinstall, untuk menjalankannya, klik icon Ontrack tersebut.
  • Tentukan lokasi folder keberadaan data di Outlook Express, klik Next.

Maka seluruh file di folder tersebut di scan, termasuk di dalamnya file-file: inbox, sent item, outbox, dan deleted item. Hasil scan akan dipindahkan di folder repaired di folder Ontrack.

Kemudian, setting account baru di outlook express yang belum ada datanya. Import data data dari e-mail yang tadi disimpan di folder Ontrack. Pilih seluruh file yang akan di import. E-mail e-mail lama akan bermunculan, termasuk e-mail e-mail yang sudah didelete, bahkan di delete permanen.

Hasil investigasi ini, ternyata karyawan tersebut memang tidak pernah menerima e-mail dimaksud.   Perlu dilakukan pengecekan di log mailserver untuk memastikan hal tersebut.

Sebagai catatan, bahwa cara-cara di atas bisa juga digunakan untuk mengembalikan e-mail e-mail penting yang sudah terhapus secara tidak sengaja, atau hilang karena satu dan lain alasan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: