Bulunggas?

Majalah National Geographic Edisi Febuari 2011Semula saya pikir, National Geographic salah ketik  pada cover majalah tersebut.  Disitu tertulis, evolusi bulunggas, tetapi ketika artikel tersebut dilihat, ternyata memang benar bulunggas, bukan salah ketik.  Bulunggas adalah bulu unggas, sebagaimana yang ditulis oleh Carl Zimmer di National Geographic edisi Febuari 2011.  Lalu kenapa disebut bulunggas, apakah merupakan bahasa Indonesia yang sudah dibakukan?

Rupanya pengaruh evolusi pun kini sudah masuk ke ranah pengistilahan di dalam  Bahasa Indonesia, bahkan sudah dibakukan. Ketika istilah bulunggas hanya merupakan akronim dari bulu unggas, saya kira tidak masalah untuk memudahkan dalam penyebutan.Tetapi  yang menjadi masalah adalah, ketika maksud dari bulunggas tersebut memiliki arti yang berbeda sama sekali dengan istilah bulu unggas yang umum kita ketahui.

Bulunggas yang dimaksud para evolusionis adalah adalah mengacu pada  bulu yang terdapat pada fosil dinosaurus,fosil theropoda, fosil pterosaurus, leluhur  buaya, dsb.  Istilah baru ini, memang perlu dimunculkan, mungkin para evolusionis akan risih juga jika menyebut ada bulu unggas pada leluhur buaya, maka diciptakan lah istilah baru tersebut. Menurut mereka bulunggas awal tidak terkait dengan asal mula kemampuan terbang, tetapi penghangat tubuh.

Jika sebelumnya para evolusionis ngotot bahwa bulunggas berevolusi dari sisik reptil, tetapi sekarang nampaknya pendapat tersebut akan berubah, bahwa bulunggas dianggap sebagai struktur baru yang berbeda, dengan apa yang disebut dengan istilah (baru lagi) eksaptasi.

Pembahasan detail masalah ini, nanti akan saya jelaskan pada blog saya yang khusus membahas masalah Evolusi.


One response to “Bulunggas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: