Sweeping software ilegal?

Jika dulu Microsoft begitu gencar melakukan sweeping,  terhadap pengguna software illegal. Sepertinya saat ini tidak lagi, itu dulu. Model yang saya lihat saat ini adalah, lebih kependekatan melalui edukasi, melalui  seminar, trainning dan juga pendekatan kepada reseller, dan bagaimana reseller menghandle customer.

Melalui distributornya atau bahkan Microsoftnya sendiri,  gencar mengadakan training dengan mengundang para konsumen (perusahaan-perusahaan).  Pengundang  training itu sendiri adalah para reseller, dengan mengundang para customer  yang  akan menjadi “incaran” target market dari para reseller tersebut.

Sebuah strategi yang  menurut saya sangat bagus. Kerjasama simbiosis mutualisme, yang saling menguntungkan di antara keduanya. Lalu bagaimana dengan pihak (calon) customer sendiri?

Sepertinya si customer  (akan) merasa terintimidasi, dengan cara jual mereka, bagaimana tidak? Dengan gayanya si reseller akan bilang bahwa, “saya perwakilan yang ditunjuk oleh  Microsoft Indonesia, akan menjadi account manager dari perusahaan Bapak. Jadi, kalau Bapak ada keperluan terkait dengan software / system operasi Microsoft silahkan hubungi  saya. Selama ini Bapak menggunakan software apa?.  Server apa? System operasi apa? Apakah Bapak masih menggunakan produk bajakan? Mengapa reseller begitu yakin, kalau perusahaan, pastilah menggunakan produk Microsoft, bajakan pulak? Nah lo …

Saya bilang, “saya menggunakan system operasi jaringan Novel NetWare, walaupun system operasi jaringan jadul, system inilah yang cocok dengan kondisi di perusahaan ini, sedangkan untuk computer client saya menggunakan OpenSUSE,  aplikasi officenya saya menggunakan OpenOffice.org”.

Jadi???


Tinggalkan Balasan

