Jual Tanah di Sentul

Pada mulanya, adalah perusahaan tempat saya bekerja membeli beberapa hektar tanah di daerah Babakan Madang,  Sentul, Jawa Barat. Saya tertarik, karena kebetulan dekat dengan tempat  tinggal saya di Bogor. Iseng-iseng saya melakukan cek dan ricek atas status tanah yang dibeli oleh kantor. Padahal menurut issue yang bereda, bahwa tanah di situ sangat bermasalah. Banyak nama sertifikat bertumpuk-tumpuk, sudah dikuasai oleh para mafia tanah.

Pak Andries, Pak Bowie, dan Pak Maruli ... di atas tanah perusahaan

Kasihan juga perusahaan kalau sampai tertipu.  Kelurahan, BPN  sudah saya cek, ternyata memang betul-betul , bermasalah, bahkan sejak jaman baheula. Tetapi entah kenapa, perusahaan mau membeli? Apa yang membuatnya yakin bahwa tanah itu aman?

Di atas tanah milik Bowie, Maruli dan harjo, di Sentul, Babakan Madang.

Saya pikir, perusahaan pun tidak akan gegabah, dan sudah tentu  sudah dipelajari status tanahnya, yang mungkin saja memang tidak bermasalah. Bukankah ada divisi legal claimnya?.  Bahkan sudah disurvey pula oleh Management?.  Dan kepada saya pun sudah ditunjukan pula, bukti-bukti kepemilikan atas tanah tersebut, sebagaimana yang ditunjukan oleh salah seorang petinggi di tempat perusahaan saya bekerja, yang kebetulan menjadi  koordinator pembelian tanah tersebut.

Sedang mendiskusikan pembatas tanah.

Akhirnya saya pun ikut-ikutan membeli juga, tidak banyak, hanya 8000 meter persegi, itu pun bertiga dengan  teman-teman.

Sejak awal kepemilikan, ternyata sudah bermasalah. Bermula ketika hendak  melakukan pematokan tanah, ternyata ada resistensi dari para penggarap. Banyak penggarap  yang menentang secara halus  atas apa yang saya lakukan.  Begitupun ketika saya mau menanam pohon Matoa (khas Papua), di pojok-pojok tanah yang saya miliki. Oh iya, sebelah tanah saya ternyata bersebelahan dengan tanah milik  seorang mantan petinggi TNI, Pak Kiki. Saya pikir seharusnya aman.

Sepertinya penduduk di sana, termasuk perangkat desanya sudah mafum, bahwa di wilayahnya banyak sekali para mafia tanah. Atau bisa jadi penggarapnya pun adalah bagian dari mafia juga?. Sehingga kedatangan saya ke lokasi tanah yang saya miliki sepertinya tidak dipedulikan oleh para penggarap tersebut.  Terlihat  mereka tenang-tenang saja.

Hampir sepuluh tahun tanah tersebut dibeli, dan terakhir saya ke sana, ternyata kondisinya sudah sangat berubah. Jika sebelumnya terlihat agak gersang, saat ini sudah sangat rimbun. Beberapa tanah sudah dikavling dan dipagari dengan tanaman yang sudah sangat tinggi. Beruntung beberapa minggu yang lalu mendadak ke sana (kebetulan saya memang punya instink yang tinggi). Rupanya tanah itu pun sudah akan dijual pula oleh penguasa di sana. Akhirnya tanah itu pun saya jual, karena saya sendiri sudah malas untuk dating lagi ke sini. Saya tidak mau ribut dan berhadapan dengan para penggarap.

Dari kasus ini, saya ambil pelajaran bahwa: rupanya cara pembelian tanah di sini memang luar biasa, benar-benar seperti  jaringan mafia. Obyek tanah yang sama, akan terus menerus diperjual belikan, hingga siempunya bosan sendiri dan menyerahkan kembali kepada penguasa di sana untuk mencarikan pembeli baru. Ketika pembeli baru bosan, dia akan menyerahkan kembali kepada penguasa di sana untuk dijual kembali kepada pembeli baru, dan begitu seterusnya.

Sejauh ini, saya tidak menyalahkan koordinator  pembelian tanah di tempat saya bekerja, sebab bisa jadi beliau pun adalah korban juga. Meskipun harga tanah saat ini sudah dua kali lipat dari sejak saat saya beli. Tetapi merupakan sebuah bisnis yang sangat merugikan buat orang lain. Tinggal menunggu, siapa yang paling apes.

Berhati-hatilah.

 

 

10 responses to “Jual Tanah di Sentul

  • mutiara

    maaf pak, kalau boleh tw tanah bapak di kec.babakan madang ini ada di desa apa ya..??? Krena belum lama ini saya n beberapa teman kantor baru saja membeli tanah kebon di desa bojong koneng kec.babakan madang,, proses jual belinya melalui pak ujat (mungkin bapak kenal).. Mohon petunjuk pak thanks.

  • Husen

    Misi bos mau titip iklan

    Dujual rumah + tanah

    Lt : 150m
    Lb : 7x10m
    Harga 35jt nego
    Surat AJB
    Alamat : jln waru Gg masjid AT.taqwa
    Rt 02/04 no 31
    Kel : bOjong sempu
    Kec : parung
    Kab : bogor
    Desa : iwul
    Hub: bapak husen 02199710267 / 021 93671494

    Jual butuh tanpa Perantara..!!

  • donny

    Saya juga salah satu korban mafia tanah disana pak, yang
    biasa disebut biong (biang boong), namanya pak Adang ngakunya sodara kades disana kalo gak salah nama kadesnya pak Acep/Ucok.
    Lokasi yang ditawari kesaya di kp. curug desa bojongkoneng. Ternyata itu tanah kepemilikannya udah berlapis-lapis.
    Saya juga kapok berurusan dengan aparat kepolisian disana, selalu dipingpong dan sepertinya sengaja dipelihara tuh si-biong….
    Sekali lagi hati-hati pak……

  • opik

    Wah baru tau saya ada modus seperti itu.. Penipuan luar biasa…

  • Wira

    Walaupun mereka sudah SHM tetap bisa ya pak. Mohon share pengerahuan dan pengalamannya pak. Krn saya ada niat beli didekat sentul.

  • Syauqee AthallaMayang

    Dear Pak Harjo,
    Apakah seluruh daerah bojong koneng bermasalah? atau ada hanya mostly…

    karena saya berencana membeli tanah di daerah bojong koneng tsb..

    Thx

  • donny

    Hindari anah di bojongkoneng….sangat berbahaya!!!…

Tinggalkan Balasan

