Tian’ Anmen Square

Tian’anmen Square, 13 April 2010

Agenda saya hari ini adalah mengunjungi Tian’ Anmen Square.  Kenapa kesini? Soalnya tempat ini yang saya ingat di dalam kepala saya. Ingin tahu,  kisah di tahun 1989 yang lalu, di mana di lapangan ini lah mahasiswa-mahasiswa di bantai oleh para penguasa Komunis, yang notabene aksi mereka adalah demi kemajuan negaranya.  Lokasinya persis di pusat kota Beijing. Tian’Anmen adalah landmarknya kota Beijing, berupa alun-alun, bahkan merupakan alun-alun terluas di dunia. Bayangkan, luas  ukurannya adalah 440.000 meter persegi. Dulunya tempat ini menjadi pintu gerbang masuk ke Forbidden city. Ciri khas Tian’anmen square, adanya photo Mao Zedong yang tergantung di gendung tersebut.

Setiap hari jutaan wisatawan dari berbagai belahan dunia datang ke sini untuk menyaksikan, luar biasanya peradaban China di masa lalu.

Kalau datang dengan rombongan dan tersesat di sini, dipastikan tidak akan ketemu lagi, saking luasnya alun-alun tersebut. Biasanya pemimpin perjalanan, selalu membawa-bawa bendera untuk memudahkan terlihat, kalau tersesat.

Angin yang keras, karena lapangan yang luas dan tidak ada penghalang, membuat udara yang sudah dingin bertambah dingin. Walaupun sudah memakai pakaian rangkap 5 rangkap, tetap saja dingin luar biasa.

Di sekitar Tian’Anmen juga terdapat beberapa gedung penting lainnya, di antaranya:  gedung parlemen pemerintah Komunis, Monument to the People’s Heroes,  Mausoleum Mao Ze Dong, dll. Pokoknya, ini adalah tempat yang luar biasa menarik.

(Bersambung)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: