Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden)

Tulisan ini saya tujukan khusus untuk pembaca yang tinggal di luar Jawa atau luar negeri, yang bermaksud berkunjung ke Bogor. Sekedar berbagi informasi, yang kebetulan saya pernah tinggal di Bogor. Bagi pembaca yang tinggal di daerah Jawab Barat dan sekitarnya, informasi ini tentu sangat tidak penting.

Kebun Raya Bogor ini didirikan sejak tahun 1817 atas prakarsa seorang Profesor  bernama  Dr. Reinwardt, seorang ahli Botani berkebangsaan Jerman. Kebun yang luasnya 87 hektar itu pada mulanya adalah hutan buatan  pada pemerintahan Prabu Siliwangi dari kerajaan Sunda, pada  tahun 1474 – 1513.  Hutan buatan ini kemudian menjadi tidak terurus ketika kerajaan Sunda takluk oleh Kesultanan Banten. Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Ide pendirian kebun raya itu sendiri berasal dari keinginan seorang ahli Biologi bernama Abner yang disampaikan kepada Gubernur Jenderal Philip van der Capellen . Yang kemudian Gubernur Jenderal ini memerintahkan kepada Reinwardt untuk melaksanakan pembangunan tersebut pada tahun 1817.

Saat ini koleksi tanaman yang terdapat di Kebun Raya Bogor, sebanyak 20.000 tanaman yang terbagi ke dalam 6000 spesies. Kebun Raya Bogor ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 13.  Tiket masuk: Rp 10.000,-

Iklan

2 responses to “Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: